AMSI Bahas AI Untuk Transformasi Bisnis Berbagai Sektor Termasuk Jurnalisme

AMSI Bahas AI Untuk Transformasi Bisnis Berbagai Sektor Termasuk Jurnalisme

AMSI Bahas AI Untuk Transformasi Bisnis Berbagai Sektor Termasuk Jurnalisme, di Hotel El Royale Bandung Provinsi Jawa Barat, Selasa 22 Agustus 2023.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BANDUNG, PALPOS.IDAsosiasi Media Siber Indonesia atau AMSI Bahas AI untuk transformasi bisnis berbagai sektor termasuk jurnalisme.

Bahkan, AI atau Artificial Intelligence ini menjadi topik utama Indonesia Digital Conference atau IDC yang digelar AMSI di Hotel El Royale Bandung Provinsi Jawa Barat.

Lalu dengan dukungan Internews dan USAID Media, AMSI juga gelar AMSI Awards 2023. Adapun tema IDC 2023 sendiri ‘Artificial Intelligence for Business Transformation: Tantangan Etik, Inovasi, Produktivitas dan Daya Saing di Berbagai Sektor’.

Dan IDC 2023 itu dibuka Wamen Kominfo Nezar Patria, Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut, Sekjen AMSI Wahyu Dhyatmika, USAID Mission Director Jeffrey P Cohen.

BACA JUGA:E-Learning 8 Jurus Jitu Kelola Media Siber Diluncurkan AMSI Bersama Internews dan USAID...

BACA JUGA:Bawaslu Sumatera Selatan dan AMSI Sumsel Sepakat Kolaborasi Cek Fakta Pemilu 2024...

Jeffrey P Cohen mengakui IDC AMSI 2023 memberikan wawasan dan strategi yang bermanfaat. ‘’Bermanfaat untuk navigasi di lanskap digital, meleawan misinformasi, dan memperkuat media untuk mendorong perubahan positif,” tegas Jeffrey P Cohen, Selasa 22 Agustus 2023.

Sedangkan Wamen Kominfo Nezar Patria mengatakan, tema diangkat pada IDC 2023 ini cukup menarik. Yakni mengenai penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), dan dampaknya untuk transformasi di bidang bisnis. 

Akan tetapi, kata Nezar Patria, ada satu hal yang lebih menarik lagi yang perlu dibahas, yaitu bagaimana dampak AI untuk kehidupan industri media.

“Karena memberikan dampak positif juga dapat berpotensi memberikan sejumlah kecemasan tentang efek negatifnya. Inilah (efek negatif) yang harus kita antisipasi kedepannya,” ucap Nezar Patria.

BACA JUGA:AMSI Gelar Worshop Bertajuk New Media dan Politics, Ini Targetnya...

BACA JUGA:AMSI dan MGID Gelar Media ‘Meet Up’, Bahas Strategi Meraih Iklan hingga Kepercayaan Pembaca

Diungkapkan Nezar Patria, dampak pemanfaatan AI pada jurnalisme saat ini belum terlihat secara signifikan, meskipun penggunaan AI di kegiatan jurnalisme semakin terlihat. 

Dalam beberapa tahun ke depan, kata Nezar, publik akan menikmati karya media hasil dari AI atau campuran AI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rilis amsi