Pengelolaan Industri Nanas Prabumulih Sukses Menarik Perhatian Malaysia

Pengelolaan Industri Nanas Prabumulih Sukses Menarik Perhatian Malaysia

Pengelolaan Industri Nanas Prabumulih Sukses Menarik Perhatian Malaysia--

PRABUMULIH, PALPOS.ID - Kota Prabumulih makin go internasional berkat buah nanasnya. Terbukti, Pemkot Prabumulih mendapat kunjungan kerja dari Lembaga Perindustrian Nanas Malaysia (LPNM) dan Kementerian Pertanian serta Keterjaminan Makanan Malaysia pada Rabu (06/9).

Rombongan dari Malaysia tersebut diterima langsung Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih , Ir H Ridho Yahya MM dan H Andriansyah Fikri SH beserta jajaran.

Pengerusi Lembaga Perindustrian Nanas Malaysia, Tuan Sheikh Umar Baghari bin Ali, menyatakan bahwa kunjungan ini dilakukan dengan tujuan memahami lebih dalam pengelolaan industri nanas di Kota Prabumulih khususnya bagaimana pembuatan benang dari serat nanas.

BACA JUGA:Putra Prabumulih Dilantik Jadi Pj Gubernur Sumut, Walikota Prabumulih : Bangga Putra Prabumulih Bisa Dipercaya

"Kita sudah biasa dengan buah nanas dan sebagainya, tapi disini yang kita tertarik ialah pembuatan benang nanas. Kita melihat bagaimana ia diproses disini," ujar Sheikh Umar ketika diwawancarai wartawan.

Selain itu, Sheikh Umar juga menjelaskan bahwa pihaknya tengah menjajaki potensi kerjasama antara LPNM dengan pemerintah Kota Prabumulih.

"Kita melihat bagaimana kita boleh bekerjasama antara Indonesia-Malaysia khususnya dengan Sumatera Selatan ini untuk memperbanyak produk-produk nanas di Indonesia dan Malaysia," ucapnya.

BACA JUGA:Bakal Tak Lagi Menjabat, Wako dan Wawako Prabumulih Kompak Bagikan Seragam Dinas

Lebih lanjut, Sheikh Umar menyatakan bahwa pemilihan Kota Prabumulih sebagai tujuan kunjungan tersebut dikarenakan informasi bahwa pengelolaan nanas di Indonesia banyak terpusat di Prabumulih.

"Kita melakukan kunjungan untuk kita belajar dengan terperinci lagi untuk melihat apakah prospek-prospek yang ada untuk industri nanas," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sheikh Umar juga memberikan apresiasi kepada pemerintah kota Prabumulih atas keberhasilan mereka dalam mengembangkan penggunaan daun nanas menjadi serat nanas.

BACA JUGA:Lakukan Penilaian Kampung Tertib Lalulintas Prabumulih, Kasubdit Kamsel, Ini Cikal Bakal Kampung Covid

"Disini saya nampak ada beberapa karya yang Malaysia harus belajar dari Indonesia yaitu produk dari daun nanas dibuat menjadi benang nanas," tutupnya.

Kunjungan ini diharapkan dapat membuka pintu kerjasama yang lebih erat antara Prabumulih dan Malaysia dalam pengembangan industri nanas, serta meningkatkan potensi ekonomi daerah.

Sementara, Walikota Prabumulih menyampaikan Pemkot Prabumulih menyambut baik kedatangan LPNM dari Malaysia.

BACA JUGA:Beredar Nama Pj Wako, Wawako : Kalau Benar Pak Sekda Alhamdulillah

"Alhamdulillah hari ini kita dapat kunjungan dari negara Malaysia khususnya Johar Baru yaitu dari Kementerian Pertanian dan Keterjaminan Makanan Malaysia, kalau dikota setingkat Dirjen," kata Ridho Yahya didampingi Wawako H Andriansyah Fikri.

Disampaikan Walikota dua periode ini, kedatangan LPNM untuk berbagi dan belajar khususnya memanfaatkan Nanas.

"Kita sampaikan, serat nanas kita terkuat di dunia. Makanya jadi kedatangan mereka benar-benar ingin berbagi khususnya memanfaatkan nanas ini sehingga nanas ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," ungkap suami Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: