Terbilang Kondusif, Lakukan Deklarasi Pemilu Damai

Terbilang Kondusif, Lakukan Deklarasi Pemilu Damai

18 Partai Politik (Parpol) di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) Muara Enim.--Foto: Febi/Palpos.id

MUARA ENIM - Polres MUARA ENIM inisiasi lakukan deklarasi pemilu damai bersama 18 Partai Politik (Parpol) di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) , Rabu (13/9). Meski begitu hingga saat ini belum terpantau situasi ataupun gesekan yang mempengaruhi kekondusifitasan wilayah

Dalam deklarasi tersebut selain dilaksanakan bersama 18 Partai Politik, juga dilakukan bersama Polres Muara Enim, Kodim 0404 Muara Enim, Pemerintah Kabupaten Muara Enim, DPRD Muara Enim, Komisi Pemilihan Umum Daerah Muara Enim dan Bawaslu Muara Enim. Selain deklarasi juga dilakikam focus grup discussion dalam penyelenggaraan pemilu 2024. 

Kapolres Muara Enim, AKBP Andi Supriadi SH SIK MH, mengatakan bahwa deklarasi perlu dilakukan sebagai komitmen untuk menjaga agar suasana politik di Kabupaten Muara Enim tetap damai dan kondusif.

BACA JUGA:7 Jam Dari Jakarta, Wisata Glamping Umbul Sidomukti Semarang Ada Villa Cemara di Atas Awan

"Selain itu dilaksanakan diskusi yang tentu saja agar kita memiliki kesamaan persepsi terkait aturan aturan yang berlaku  tugas kita ya bekerja sesuai dengan aturan aturan yang ada tersebut," ulasnya. 

Menurutnya, dengan bekerja sesuai dengan aturan otomatis konflik bisa dicegah dan untuk itu Polres Muara Enim sudah melalukan pencegahan dan sosialisasi terutama berkaitan dengan keamanan.

"Kami sudah memetakan tingkat kerawanan dan jenisnya namun memang sejauh ini kami nilai masih kondusif, ini tugas kita bersama untuk menjaganya," bebernya. 

BACA JUGA:Tampil Cantik Seharian, Ini 7 Merek Bedak Padat Terbaik yang Tahan Lama dan Bikin Glowing

Berkaitan dengan money politik pada dasarnya itu masuk dalam kewemangan dari Bawaslu selaku pengawas namun kalau memang sudah masuk ranah kepolisian maka akan ditangani oleh Gakumdu.

"Jadi strateginya adalah pencegahan dan pengamanan kegiatan politik agat tidak sampai mengganggu kamtibmas," ungkapnya. 

 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Muara Enim Zainudin, mengatakan bahwa dengan deklarasi dan juga diskusi membuat Bawaslu mendapat banyak masukan dan akan diterapkan dalam hal pengawasan.

BACA JUGA:Wawako Himbau KONI Lubuklinggau Hindari Konflik

"Seperti money politik, kita sambut baik salah satu upaya pencegahannya, termasuk juga terkait atribut peraga yang saat ini sudah banyak terpasang," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: