Latih Balakar Dalam Penanganan Kebakaran di Desa

Latih Balakar Dalam Penanganan Kebakaran di Desa

Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten memelalui Damkar Kecamatan melatih Barisan Sukarelawan Kebakaran (Balakar) desa dalam penanganan kebakaran.--

MUARA ENIM,PALPOS.ID -  Guna meningkatkan penanganan dan pengendalian kebakaran, Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim melatih Barisan Sukarelawan Kebakaran (Balakar) desa.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Bantaran Sungai Lematang Desa Tanjung, di Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim.

Dimana balakar dilatih simulasi dan edukasi terkait penanganan kebakaran.

BACA JUGA:Selamatan Generasi Muda, Bentuk Kampung Tangguh Anti Narkoba

Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim Drs Saprioma MSi, mengatakan simulasai tersebut, kata dia, untuk melatih kepekaan dan respon time serta didukung alat perlengkapan pemadaman.

“Balakar jangan kalah cepat dengan api. Petugas pemadam dan alat pemadam kebakaran sebagai penunjang dalam upaya penanggulangan kebakaran harus cepat tiba diokasi kejadian,” jelas  Saprioma, Sabtu (23/9).

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan untuk seluruh Barisan Sukarelawan Kebakaran (Balakar) desa dapat mengikuti rangkaian pelatihan uji coba unit dengan baik, agar jika dikemudian hari dalam upaya penanggulangan kebakaran sudah dapat mengoperasionalkan alat dengan baik dan benar.

BACA JUGA:Jumat Curhat Sasar Pelajar dan Guru

“Mungkin tidak hanya di Desa Tanjung, dalam beberapa waktu kedepan kami akan melaksanakan hal yang sama dengan Barisan Sukarelawan Kebakaran (Balakar) desa lainnya,” jelasnya

Kegiatan pertama dilakukan sesi simulasi penggunaan unit sarana pemadaman kebakaran pompa air dan pemasangan selang, baik penggunaan maupun selesai penggunaan.

Selanjutnya anggota Barisan Sukarelawan Kebakaran (Balakar) desa melakukan uji coba lapangan sarana dipinggiran bantaran Sungai Lematang yang merupakan titik sumber air di desa tersebut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: