Prana Putra Sohe Berpotensi Besar Lolos ke Senayan

Prana Putra Sohe Berpotensi Besar Lolos ke Senayan

Herianto--

SUMSEL, PALPOS.ID - SN Prana Putra Sohe (Nanan) mempunyai potensi  besar untuk lolos ke senayan terpilih sebagai Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) satu provinsi Sumatera Selatan pada pemilu yang akan digelar 14 Febuari 2024.  

Mantan walikota Lubuk Linggau yang dikenal gemar melakukan blusukan dan pertemuan di masyarakat ini dalam tataran keterpilihan (elektabilitas) para caleg DPR RI dapil satu Sumatera Selatan berhasil menyodok diurutan keempat  secara perseorangan.

Demikian juga dalam internal caleg PKB sendiri, nanan yang maju dari partai PKB masih tetap unggul dari nama-nama caleg internal PKB yang juga akan maju dalam pemilu legislatif yang akan digelar enam bulan lagi.

Alumni Fisip Unsri ini masih bermodalkan  keterkenalan (popularitas) diangka 36% dan tingkat kesukaan (akseptabilitas) 96%.

BACA JUGA:KPU Tegaskan Tidak Ada Aspek Politik dalam Perubahan Jadwal Pendaftaran Capres dan Cawapres

Kondisi popularitas yang belum mencapai angka maksimal tersebut membuat pria yang juga gemar bernyanyi ini masih besar memiliki ruang gerak untuk meningkatkan elektabilitasnya. 

Apabila dilihat dari trend survei, tingkat popularitas dan akseptabilitas Nanan berbanding lurus (linear) dengan elektabilitasnya.

“Nama SN Prana Putra Sohe (Nanan) popularitas dan akseptabilitasnya memang masih belum maksimal angkanya secara statistik. Namun, demikian, elektabilitasnya sudah menyodok  pada papan tataran papan atas (empat besar) dari para caleg DPR RI dapil satu Sumsel, yakni berada di posisi keempat pada pertanyaan terbuka (top of mind)  dengan elektabilitas 6,2 %. Demikian juga pada pertanyaan semi terbuka dengan menyodorkan semua DCS caleg DPR RI dapil satu, elektabilitas  Nanan masih konsisten berada di posisi keempat dengan elektabilitas 7,1 %. Adapun nama caleg lainnya yang berada di bawah SN Prana Putra Sohe masih  harus berjuang keras untuk mendongkrak elektabilitasnya,” kata Direktur eksekutif LKPI, Arianto, M. I.Kom,Pol ketika dibincangi media lewat telepon, Jakarta, Rabu (27/9).

Dikatakan pria yang juga pengamat politik nasional ini, kuatnya tarikan elektoral SN Prana Putra Sohe terlihat dari figur yang kuat selama dia memimpin kota Lubuk Linggau pada masa kepemimpinannya. 

BACA JUGA:Pj Wako Palembang, Ratu Dewa Dorong Mahasiswa Pintar Ambil Peluang Agar Sukses

Sosok yang perhatian pada rakyat, sudah ada bukti nyata, gemar blusukan, sering melakukan pertemuan tatap muka/pertemuan umum di masyarakat, mudah ditemui dan visioner merupakan alasan mendasar pemilih menjatuhkan pilihannya pada alumni Fisip Unsri tersebut. 

Disamping itu adanya sumbangsih dari  dukungan  pemilih partai PKB yang mayoritas ke SN Prana Putra Sohe membuat tambahan elektabilitasnya bisa menyalip nama-nama caleg incumbent DPR RI yang juga akan maju kembali pada pemilu legislatif kedepan.

Secara statistik, dengan elektabilitas yang  kalau dikonversi dengan hitungan angka pemilih, SN Prana Putra Sohe menempati kursi ke empat (saat survey digelar.)

“Temuan ini menjadi indikator bagi caleg DPR RI dapil satu Sumsel bahwa ada delapan kursi yang disediakan, namun ada satu nama yakni SN Prana Putra Sohe yang mulai merapat elektabilitasnya dan mengancam incumbent DPR RI. Kalau dilihat dari urutan sentimen partai politik, elektabilitas partai PKB juga cukup baik dan  berada di urutan kelima (7,5 %). Secara sentimen partai politik, peluang  tujuh partai yang berpotensi meloloskan caleg nya yakni PDI-P, Gerindra, Nasdem, Golkar, PKB, Demokrat dan PAN. Nama-nama tersebut adalah Eddy Santana Putra, Muhamad Yaser, Fauzi H Amro, SN Prana Putra Sohe, Ishak Mekki, Riezky Aprilia, Kahar Muzakir dan Hafizs Tohir. Ada satu nama juga  pendatang baru yang juga sangat berpotensi masuk senayan, yakni Muhamad Yaser dari partai Nasdem. Kemungkinan besar ada dua kursi yang akan direbut satu partai untuk menempatkan calegnya di DPR RI tahun mendatang dan ditambah satu  pendatang baru dari partai PKB,” ungkap lelaki yang gemar memakai baju batik ini dengan lantang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: