11 Bahan Alami Untuk Mengobati Rasa Gatal Pada Kulit

11 Bahan Alami Untuk Mengobati Rasa Gatal Pada Kulit

Daun Sidaguri Bermanfaat Untuk Mengobati Gatal Serta Jerawat.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID - Rasa gatal pada kulit sangat mengganggu. Bahkan terkadang terasa sakit dan menimbulkan luka goresan jika digaruk secara terus-menerus. Ada banyak faktor yang menyebabkan rasa gatal tersebut salah satunya adalah akibat alergi.

Saat terasa gatal, kita akan cenderung menggaruk. Tetapi cara itu tidak disarankan dokter karena akan mengakibatkan kulit kering, bersisik dan menimbulkan luka.

Sebagai pertolongan pertama untuk meredakan rasa gatal pada kulit,  bisa memanafaatkan bahan-bahan atau tumbuhan yang ada disekitar kita.

1. Lidah buaya

Tanaman Lidah buaya ternyata sangat bermanfaat untuk meredakan iritasi pada kulit. Caranya dengan mengoleskan gel Lidah buaya pada kulit yang gatal atau kulit kering.

 

BACA JUGA:Khasiat Luar Biasa dari Daun Cincau Hijau untuk Kesehatan dan Kelezatan

BACA JUGA:Tomat si Buah Merah Penuh Manfaat untuk Kesehatan Anda



Umumnya obat alami ini aman untuk digunakan, tetapi sebaiknya biasakan untuk menguji reaksi alergi sebelum mengoleskannya pada tempat yang gatal, dengan cara mengoleksannya pada telapak tangan.

2. Oatmeal

Oeatmeal tak hanya baik untuk menu sarapan, tetapi juga dapat membantu mengatasi gatal pada kulit. Oatmeal memiliki sifat humektan, yaitu zat yang dapat membantu melembapkan kulit.

Untuk mendapatkan  manfaat kesehatan kulit dari Oatmeal caranya adalah dengan mencampurkan oeatmeal yang berbentuk krim koloid ke dalam air mandi.

Zat antiinflamasi dan antioksidan yang terdapat pada oeatmeal mampu mengurangi  rasa gatal, kulit kering, dan juga kulit kasar atau keras.

 

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Kurma untuk Kesehatan Tubuh Kaya Akan Nutrisi dan Kesehatan Optimal

BACA JUGA:Mengintip Sejarah Daihatsu Copen, Si Mungil Mewah yang Bisa Bikin Tetangga Iri



3. Kunyit

Kunyit juga bisa digunakan sebagai obat gatal pada kulit. Berdasarkan hasil penelitian, menggunakan krim yang mengandung Kunyit selama 4 minggu untuk mengatasi gatal-gatal, membuktikan hampir 30-32 persen terjadi penurunan kulit bersisisk dan gatal.

Kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan bakterisida. Senyawa ini yang  dapat membantu mengobati peradangan dan gatal pada kulit.

4. Kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu meredakan rasa gatal . Tapi jangan  melakukan cara ini jika rasa gatal muncul akibat tersiram air. Sebab, kompres dingin justru dapat mengiritasi area tersebut.

Untuk memaksimalkan hasilnya, letakkan kantong es atau es batu yang sudah dilapisi kain ke permukaan kulit yang terasa gatal. Lakukan sesering mungkin sampai rasa gatal reda.

 

BACA JUGA:6 Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan

BACA JUGA:Seri si Muntingia Calabura, Tumbuhan Liar Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan dan Mendatangkan Cuan Juga Loh !



5. Perbanyak air putih

Rasa gatal pada kulit bisa terjadi karena  kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi). Caranya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Banyak minum air putih dapat membantu mengatasi rasa gatal pada kulit.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa tidak hanya memiliki sifat antiinflamasi, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai obat gatal pada kulit. Minyak goreng membantu menghilangkan rasa sakit karena peradangan.

Mengoleskan Minyak kelapa  pada tubuh dapat meningatkan kadar antioksidan. Fungsinya menstabilkan radikal bebas dan mengatasi peradangan pemicu gatal-gatal pada ulit.

Berdasarkan hasil penelitian, Minyak kelapa yang dicampur dengan adas manis berhasil menghilangkan rasa gatal di kulit kepala bila dibandingkan dengan permethrin. Merupakan kandungan obat yang digunakan untuk mengobati kutu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: