Forkopimda Muara Enim Monitoring Pilkades Serentak 2023

Forkopimda Muara Enim Monitoring Pilkades Serentak 2023

Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali bersama Forkompinda melakukan monitoring dibeberapa desa di Kabupaten Muara Enim.--

MUARA ENIM,PALPOS.ID - Untuk memastikan proses pemungutan suara Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) Kabupaten Muara Enim Tahun 2023 yang dilaksanakan secara serentak berlangsung aman dan kondusif.

Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali bersama Forkompinda melakukan monitoring dibeberapa desa di Kabupaten Muara Enim, Sabtu (14/10).

Dalam kegiatan ini, Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali didampingi Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki BSc, Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Dr dr Hj Rose Mafiana Sp.An, Kadin PMD Kabupaten Muara Enim Drs Rahmat Noviar MSi, dan para perwakilan pejabat Forkopimda lainnya.

BACA JUGA:Investasi Harus Mendatangkan Manfaat Kemajuan Daerah

Dalam kegiatan tersebut, rombongan meninjau dan melihat langsung proses pemungutan suara dari 127 TPS seperti di TPS 3 Dusun II, Desa Ujan Mas Ulu, Kecamatan Ujan Mas, TPS 2 Desa Gunung Megang Dalam, Kecamatan Gunung Megang dan TPS 3 Desa Belimbing Jaya, Kecamatan Belimbing.

Selain itu, berdialog langsung dengan beberapa petugas TPS di tiga kecamatan yakni Ujan Mas, Gunung Megang dan Belimbing untuk mendapatkan masukan atau mendengarkan aspirasi ataupun keluhan di seputar pelaksanaan Pilkades serentak tersebut.

Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali, mengatakan bahwa kegiatan monitoring ini adalah untuk memantau langsung jalannya tahapan pemungutan suara secara  bersama-sama dalam menjaga situasi keamanan wilayah sekaligus memastikan proses Pilkades serentak ini berjalan aman tanpa kendala dan tidak muncul persoalan.

BACA JUGA:Muara Enim Raih Penghargaan Bergengsi KIA 2023

Untuk itu, Ahmad Rizali, menghimbau dan meminta kepada seluruh kontestan dari Pilkades ini dapat menghormati dan menerima semua hasil akhir dari pemilihan tersebut sebagai bukti pendewasaan berdemokrasi.

Selain itu dirinya juga mengajak masyarakat untuk mendukung kepala desa terpilih untuk memimpin desa melanjutkan pembangunan serta harapan meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat.

Ditambahkan Kadin PMD Kabupaten Muara Enim Rahmat Noviar, bahwa Pilkades serentak ini dilaksanakan di 38 desa dalam 15 kecamatan yang berada di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Berdayakan 246 Desa, Kadin Muara Enim Ciptakan 1.983 UMKM Binaan

Dan kita berharap pelaksanaannya dari awal hingga akhir dapat berjalan kondusif, tertib dan lancar dengan tetap mengedepankan asas kejujuran dan keadilan sehingga menghasilkan 38 kepala desa yang amanah dan dapat memajukan desa yang dipimpinnya.

Sementara itu, Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi bahwa pihak kepolisian, bersama personil gabungan dari TNI dan instansi terkait, akan terus mengawal jalannya pelaksanaan Pilkades serentak ini di 38 desa dalam Kabupaten Muara Enim.

Selain itu, aparat keamanan juga melakukan pemetaan kawasan titik rawan yang terbagi menjadi tiga kategori yakni rawan, sedang, dan cukup pengawasan.

BACA JUGA:Ditinggal Berdagang, Rumah Habis Terbakar

Untuk kerawanan atau potensi konflik sosial kita petakan dan kita perkuat dengan melakukan penebalan pasukan yang berbeda di tiap desa, tergantung dari kerawanannya.

Untuk itu, pihaknya menghimbau agar proses Pilkades berjalan kondusif dan tetap mengedepankan persatuan serta kesatuan di masing-masing desa.

Dalam suasana penuh semangat demokrasi ini, semoga Pilkades Serentak 2023 di Kabupaten Muara Enim dapat berjalan lancar dan menciptakan pemerintahan desa yang aman, damai, serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: