Menhub Apresiasi Keseriusan Pemprov Sumsel untuk Realisasikan Pelabuhan Tanjung Carat

Menhub Apresiasi Keseriusan Pemprov Sumsel untuk Realisasikan Pelabuhan Tanjung Carat

Menhub Apresiasi Keseriusan Pemprov Sumsel untuk Realisasikan Pelabuhan Tanjung Carat--

PALEMBANG,PALPOS.ID - Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI) Budi Karya Sumadi mengapresiasi keseriusan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk merealisasikan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat. Hal ini disampaikan dalam Rapat Terbatas bersama Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni dan jajaran di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (14/10/2023).

"Saya melihat bahwa Pemda sangat serius, lalu masyarakat juga antusias. Bahkan saat kami di Dermaga 16 Ilir tadi   melihat  rakyat Sumsel ini memiliki etos kerja yang baik," kata Menhub Budi Karya.

Dia mengatakan dalam rapat terbatas tadi ada sejumlah topik yang dibahas. Di antaranya terkait rencana pembangunan pelabuhan Tanjung Carat dan pegembangan infrastruktur transportasi terintegrasi di Provinsi Sumsel.

BACA JUGA:Menhub RI Didampingi Pj Gubernur Sumsel Tinjau Fasilitas LRT Terintegrasi dengan Angkot Feeder Dalam Palembang

"Ratas tadi berlangsung menindaklanjuti instruksi Presiden RI Joko Widodo guna memastikan pembangunan skala nasional yang ada di Sumsel berlangsung dengan sesuai progress yang telah ditetapkan," ucapnya.

Menhub Budi Karya menyebut bahwa Pemprov Sumsel telah melakukan sejumlah upaya percepatan proses pengalihan hutan terhadap fungsi lain. Dia berharap dalam waktu enam bulan ke depan sudah dapat melakukan ground breaking pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat.

"Insya Allah, tahun depan kita bisa melakukan lelang dan karena memang sudah ada investornya. Kalau enam bulan selesai berarti 2024 kita bisa melakukan  groundbreaking,” imbuhnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Fatoni Cek Ke Pasar, Minta Bupati/Walikota Gelar Pasar Murah

Dalam kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menyambut baik dilanjutkannya rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat. Mengingat kedepannya dampak yang terjadi akan sangat baik terhadap lalu lintas perdagangan di Sumsel. Kemudian, pertumbuhan ekonomi yang signifikan juga dipastikan akan terjadi.

“Untuk pelabuhan baru ini juga sedang proses AMDAL. Pak Menteri begitu intense mudah-mudahan ini juga bisa segera cepat terwujud. Berikutnya kami siap menerima arahan dari Kementerian Perhubungan agar program bisa segera terwujud," ucapnya.

Atas nama masyarakat Sumsel, Fatoni menyampaikan ucapan terima kasih atas atensi pemerintah pusat yang begitu tinggi terhadap pembangunan infrastruktur dan transportasi di Provinsi Sumsel.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Pengelola Keuangan, Sekda Sumsel Buka Diklat Bendahara Keuangan Daerah Tahun 2023

“Pada prinsipnya kita siap mendukung percepatan pembangunan sarana transportasi di Sumsel,” tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: