Sumur ABB 140 Sumbang 729 Barel Per Day, SKK Migas : Sangat Luar Biasa

Sumur ABB 140 Sumbang 729 Barel Per Day, SKK Migas : Sangat Luar Biasa

Sumur ABB 140 Sumbang 729 Barel Per Day, SKK Migas : Sangat Luar Biasa--

PRABUMULIH,PALPOS.ID - Pertamina EP Adera Field yang merupakan bagian dari Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional Sumatera Zona 4, Subholding Upstream Pertamina, dan di bawah koordinasi serta pengawasan dari SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel)berhasil menambah produksi minyak sebesar 729 barel per hari (barrel of oil per day/BOPD).

729 barel per hari tersebut disumbangkan oleh sumur pengembangan ABB 140 yang berada di Desa Prambatan, Kecamatan Abab, Kabupaten PALI, Sumatera Selatan.

Hal itu diungkapkan, Senior Manager Sub Surface Development & Planning (SSDP) Zona 4, Giyatno.

BACA JUGA:Datangi KPU-Bawaslu, Relawan AMIN Berharap KPU dan Bawaslu Tegak Lurus Undang-Undang

Dijelaskan Giyatno, keberhasilan sumur ABB 140 yang ditajak pada 22 September 2023 ini berkat upaya percepatan peningkatan produksi yang dilakukan oleh PHR Regional Sumatera Zona 4.

“Pengeboran terakhir di struktur Abab dilakukan tahun 1986, yaitu sumur ABB-137. Setelah 35 tahun, dilakukan pengeboran ke arah timur laut dan alhamdulillah mendapatkan hasil yang baik.

Selain itu, pada tahun 2023 ini juga telah diselesaikan survei seismik Abab seluas 200 km persegi, sehingga membuka potensi pengembangan lapangan selanjutnya,” ungkap Giyatno.

BACA JUGA:Asap Tebal “Menyelimuti” Kota Prabumulih, PJ Wako Instruksikan Sekolah Wajib Daring

Sementara, General Manager Zona 4, Djudjuwanto, mengatakan PHR Regional Sumatera Zona 4 berkomitmen untuk terus mengupayakan peningkatan produksi migas di wilayah Sumatera Selatan.

Salah satu cara yang dilakukan untuk peningkatan produksi tersebut sambung Djudjuwanto, melalui program pengeboran yang masif dan efisien serta dengan terus menjalin kolaborasi yang harmonis dengan para pemangku kepentingan.

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari upaya harmonisasi kegiatan operasi perusahaan dan dukungan semua pihak, baik pemangku kepentingan terkait maupun masyarakat di sekitar operasi. Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan, sehingga Pertamina dapat beroperasi dengan lancar dan turut menjaga ketahanan energi nasional,” kata Djudjuwanto.

BACA JUGA:Ini Rekomendasi 5 Merek Terbaik Cushion Ringan, Coverage Mantul Mulai dari 100 Ribuan...

Keberhasilan  Pertamina EP Adera Field dalam meningkatkan produksi minyak tersebut, mendapat apresiasi dari SKK Migas Wilayah Sumatera Bagian Selatan.

“Selamat kami ucapkan kepada PHR Regional Sumatera Zona-4 atas keberhasilan yang telah dicapai dengan biaya yang efisien dan no accident. Kami berharap langkah-langkah masif dan agresif dalam pengeboran sumur pengembangan, sumur eksolorasi dan kegiatan seismik yang dilakukan PHR Regional Sumatera Zona-4 terus ditingkatkan sehingga semakin memberikan kontribusi yang lebih besar lagi untuk peningkatan produksi minyak dan gas Nasional,” ujar Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Anggono Mahendrawan

Ditambahkan, Kepala Departemen Operasi SKK Migas Sumbagsel, Bambang Dwi Djanuarto,  tambahan produksi minyak sebesar 729 barel per hari tersebut bagi negara sangatlah berarti.

BACA JUGA:Ajak Insan Pers Lestarikan LIngkungan, Kapolres Prabumulih Bagian 1000 Batang Bibit Durian dan Petai

"Satu barel saja sangat penting untuk indonesia saat ini, apalagi dengan keberhasilan pengeboran PEP Adera Field yang berhasil menemukan minyak di struktur Abab sebesar 729 barel minyak per hari, sangat luar biasa," ujar Bambang.

Pada kesempatan yang sama Bambang juga mengapresiasi tim eksplorasi Pertamina atas keberhasilan menyelesaikan survei seismik 3D Abab yang telah mencapai 100%. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: