Tingkatkan Kualitas Bibit Ternak Sapi, Pemkab OKI Upayakan Transfer Embrio

Tingkatkan Kualitas Bibit Ternak Sapi, Pemkab OKI Upayakan Transfer Embrio

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengaplikasikan transfer embrio (TE)-Foto : Istimewa-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Guna meningkatkan kualitas bibit sapi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) mengaplikasikan transfer embrio (TE).

Kepala Disbunnak OKI, Dedy Kurniawan SSTP MSi mengatakan, TE merupakan metode dalam bidang bioteknologi reproduksi dengan memasukkan embrio pada alat reproduksi ternak betina resepien menggunakan alat tertentu untuk mendapat anakkan berkualitas.

"Melalui TE bibit murni bisa didapat dengan cepat. Metode TE juga memiliki keuntungan karena memperpendek interval generasi sehingga perbaikan mutu genetik lebih cepat, serta mengurangi resiko adanya penyakit reproduksi menular pada induk," ungkapnya di Mesuji, Jum'at (21/10/2023).

BACA JUGA:Antisipasi Dampak Kabut Asap Disdik OKI Mundurkan Jam Belajar

Ia menambahkan, ternak sapi hasil TE memiliki kualitas genetic yang baik karena barasal dari pejantan dan betina unggul. Anak hasil TE yang berjenis kelamin jantan biasanya akan dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai pejantan unggul untuk memproduksi semen beku.

"Sementara betina biasanya juga dapat dijadikan sebagai sapi donor dan dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi. Para petugas pemelihara ternak resepien TE harus memenuhi kebutuhan minum dan pakan hijauan maupun konsentrat untuk ternak resepien TE tersebut agar pertumbuhan bisa optimal dan kebuntingan bisa dijaga dengan baik," ujarnya.

Sementara Bupati OKI, H Iskandar SE mengemukakan, riset peternakan dapat mendukung kemandirian pangan di masa mendatang.

BACA JUGA:Gelar Jum'at Curhat, Polsek Cengal Dapat Banyak Laporan Maraknya Permainan Mengarah ke Judi

"Persilangan sapi diciptakan dan adaptif terhadap lingkungan kita. Untuk untuk mendorong budidaya dan menggenjot kualitas sapi dari aspek kuantitas dan kualitas," tuturnya.

Dikatakannya lagi, metode inseminasi buatan atau transfer embrio dapat diaplikasikan oleh peternak untuk meningkatkan kualitas ternak.

Masyarakat bisa belajar caranya melakukan kawin silang sapi betina dari jenis lain, dan sapi jantan jenis lain, menghasilkan anak sapi yang berkualitas tinggi.

BACA JUGA:Berdayakan Masyarakat Anti Narkoba, BNNK OKI Sosialisasi P4GN dan Tes Urine Instansi Pemerintah

"Pemkab OKI berkomitmen untuk terus mengembangbiakan wilayah peternakan sapi di Bumi Bende Seguguk. Tentu dengan dukungan swasta dan kemandirian peternak untuk mengembangkan sentra peternakan unggul di OKI," tutupnya. */ril

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: