Jumlah Pencaker di OKU Meningkat

Jumlah Pencaker di OKU Meningkat

Kabid Hubungan Industrial Disnaker OKUĀ  Ivan Saputra. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Jumlah pencari kerja (pencaker) di Kabupaten OKU pada 2022 silam terdata mencapai 1.521 orang. Angka ini meningkat dibandingkan 2021 yang hanya berjumlah 1.340 orang.

"Data itu merupakan warga OKU berusia produktif yang terdata mengurus Kartu Pencari Kerja di kita," ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten OKU, Kadarisman, melalui Kabid Hubungan Industrian, Ivan Saputra,  Kamis (26/10).

Dia menjelaskan, secara rinci untuk 2021 pencaker di OKU sebagian besar terdata berpendidikan SMA atau sederajat yang jumlahnya mencapai 1.065 orang. Sementara untuk Diploma III berjumlah 70 orang dan Starta Satu (S1) 180 orang.

Sedangkan untuk tahun 2022 jumlah pencaker berijazah SMA atau sederajat sebanyak 1.211 orang, Diploma III 91 orang, Starta 1 (S1) 173 orang dan Starta II (S2) 2 orang.

Menurut dia, rata-rata pencaker di OKU yang mengurus Kartu Pencari Kerja di Disnaker setempat dipergunakan untuk melamar pekerjaan di Pulau Jawa. 

"Untuk yang mengantongi ijazah SMA biasanya mereka melamar pekerjaan di sejumlah pabrik di Pulau Jawa. Sementara DIII, S1 dan S2 melamar pekerjaan di perusahaan terkemuka baik di Pulau Sumatera maupun di Pulau Jawa," tegasnya.

Sayangnya ungkap Ivan, para pencaker di OKU tersebut seperti biasa tidak pernah melapor ke Disnaker setempat saat telah diterima bekerja di perusahaan yang dituju. 

"Karena itu kita tidak tahu apakah mereka saat ini sudah diterima bekerja diperusahaan yang dituju atau belum," katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: