Kemarau Panjang dan Pasokan Berkurang, Harga Cabai di Prabumulih Kian Pedas

Kemarau Panjang dan Pasokan Berkurang, Harga Cabai di Prabumulih Kian Pedas

Harga Cabai Merah Keriting di Prabumulih naik.-prabu/palpos.id-

SUMATERA SELATAN, PALPOS.ID - Kemarau panjang yang melanda dunia termasuk Indonesia karena terjadinya El Nino sejak beberapa bulan terakhir, berdampak pada kian pedasnya harga cabai di sejumlah pasar yang ada di Kota Prabumulih.

Dimana berdasarkan pantauan di Pasar Tradisional Modern (PTM) Prabumulih, harga cabai keriting yang semula di jual dengan harga Rp60 ribu perkilogram per hari Senin (6/11) naik menjadi Rp80 ribu perkilogram alias naik Rp20 ribu per kilogramnya.

Begitu pula dengan harga Cabai Setan, semula cabai ini dijual dengan harga Rp80 ribu perkilogram naik Rp20 ribu perkilogram menjadi Rp100 ribu perkilogramnya.

BACA JUGA:Hitung Kerugian Keuangan Negara Kasus Dugaan Perjalanan Dinas Fiktif, Kejari Prabumulih Gandeng APIP

“Kenaikan harga cabai keriting dan cabai setan itu terjadi mulai hari ini (Senin, 6/11). kenaikannya sama-sama Rp20 ribu perkilogramnya,” ungkap Septi Apriyani, salah satu pedagang sayur-sayuran di PTM Prabumulih kepada wartawan.

Dikatakan Septi, dirinya terpaksa menjual cabai dengan kenaikan Rp20 perkilogram lantaran modalnya membeli cabai juga mengalami kenaikan.

“Modal cabai setan hari ini 90 ribu perkilogramnya, makanya kami jual 100 ribu perkilogramnya,” ujarnya.

BACA JUGA:Menggali Kekayaan Budaya dan Keberagaman Agama di Maluku Utara: Jejak Sejarah, Bahasa, dan Kepulauan

BACA JUGA:Daun Seledri si Kecil dengan Manfaat Besar

Ditambakannya lagi, kenaikan harga tersebut juga terjadi pada cabai rawit dan cabai hijau.

Saat ini cabai rawit di harga Rp80 ribu/kg dari sebelumnya Rp60 ribu/kg dan cabai hijau di harga Rp40 ribu/kg dari sebelumnya Rp20 ribu/kg sehingga mengalami kenaikan hingga 100 persen.

Kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah yang dijual di harga Rp30 ribu/kg dengan modal Rp28 ribu/kg. Sedangkan di hari Minggu (5/11) harga bawang merah masih di angka Rp24 ribu/kg. 

BACA JUGA:Suzuki Boulevard M109R : Tampilan Macho dengan Performa Gahar, Bikin Harley Davidson tak Arogan Lagi !

"Informasi yang kami dapat, harga cabai dan sayur naik semua karena tidak ada pasokannya karena musim kemarau banyak sayuran gagal panen," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: