Curi Kotak Amal Mushala Warga OKI, Pria Ngaku Asal Palembang Ditangkap Massa

Curi Kotak Amal Mushala Warga OKI, Pria Ngaku Asal Palembang Ditangkap Massa

Tangkapan Layar pria yang mengaku berasal dari Palembang saat ditangkap warga Bumi Agung, OKI.-Foto : Istimewa-

BORGOL,PALPOS.ID - Seorang pria yang mengaku warga Palembang ditangkap masyarakat Desa Bumi Agung, Kecamatan Lempuing, Kabupaten OKI ketika aksi pencurian kotak amal mushola yang dilakukannya ketahuan.

Setelahnya, pria yang identitasnya masih belum diketahui ini diamankan dan dibawa oleh anggota Bhabinkamtibmas Polsek Lempuing untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sebelumnya, kejadian ini telah viral di media sosial Instagram @oki_okut_info. Dalam video itu, pria tersebut ditangkap massa dan terlihat juga uang dari kotak amal berserakan terjatuh di tanah.

BACA JUGA:Bejat! Seorang Pria di Prabumulih Cabuli dan Nyaris Perkosa Penderita Down Sindrom

Seorang warga yang ikut menangkap sambil menunjuk pelaku berkata, pria asal Palembang itu sudah bolak-balik ke Mushala. "Bolak balik Iki", ucapnya dalam bahasa Jawa.

Saat dikonfirmasi, Kepala Desa (Kades) Bumi Agung, Teguh membenarkan adanya peristiwa pencurian tersebut. Menurutnya, pelaku mengaku berasal dari Kota Palembang, namun tidak tahu persis identitas yang bersangkutan.

"Pada, Kamis (9/11/2023) kemarin. Dia ini memang sengaja masuk Mushala, dimana saat itu pintunya sedang terbuka. Kemudian, pria itu melihat kotak amal dan mengambil isinya dengan cara dicongkel, lalu dimasukkan ke kantong kresek," ungkapnya, Jum'at (10/11/2023).

BACA JUGA:Terlibat Pencurian, 3 Pelajar di Prabumulih 1 Diantaranya Perempuan Ditangkap Polisi

Ia menambahkan, ketika itu posisi kotak amal berada di samping mushola dan pria itu dengan leluasa mencuri, karena sedang sepi lalu pergi.

"Tetapi, perbuatannya ketahuan oleh warga sekitar dan mengejar pelaku dengan cepat hingga berhasil diamankan. Pelaku tidak bisa berbuat apa pun lagi dan uang curiannya yang berceceran dipungut warga," ujarnya.

Dikatakannya lagi, selama ini mushola masjid memang tidak pernah digembok, lantaran tempat beribadah siapapun yang beragam Islam boleh masuk.

BACA JUGA:‘Sikat’ Barang-Barang Senilai Rp30 juta di Kantor HK Aston, 2 Warga Prabumulih Ditangkap

"Sudah banyak modus seperti ini datang ke Mushala atau masjid untuk beristirahat tahunya maling. Jadi harus berhati-hati. Oleh karena itu, agar terhindar kejadian yang sama, kita imbau warga memasak gembok pada pintu mushola," tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Lempuing, Iptu Nasron Junaidi turut membenarkan adanya kejadian tersebut dan pelaku sudah diamankan. Dimana pihaknya juga sudah melaporkan kejadian itu ke Polres OKI. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: