Antisipasi Dampak Peralihan Musim, Pemkab OKI Lakukan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan

Antisipasi Dampak Peralihan Musim, Pemkab OKI Lakukan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan

Kegiatan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Tanggap Bencana di halaman Kantor Pemkab OKI, Kamis, 18 Januari 2024.-Foto : Istimewa-

KAYUAGUNG,PALPOS.ID - Untuk mengantisipasi dampak fase peralihan musim dari kemarau ke musim penghujan, Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI melakukan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan.

Apel yang digelar di halaman Kantor Pemkab OKI, Kamis, 18 Januari 2024 ini juga dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana hidrometeorologi.

Kegiatan Apel diawali dengan pengukuhan secara simbolis pemakaian topi penanggulangan oleh Pj Bupati OKI, Asmar Wijaya kepada Satgas Penanggulangan Bencana.

Lalu, dilanjutkan pengecekan pasukan dan peralatan bersama Forkopimda Kabupaten OKI.

BACA JUGA:Bikin BPJS Kesehatan di Dinsos OKI Menunggu Kuota, Terkecuali 3 Kategori Emergency

BACA JUGA:Kunjungan Kerja, Pangdam II Sriwijaya Disambut Pj Bupati OKI, Hal ini yang Disampaikan

Dalam amanatnya, Asmar mengatakan, Apel siaga itu guna mensinergikan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Daerah, TNI/Polri dalam menghadapi bencana dan upaya.

Baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan kemampuan bersama dalam menghadapi bencana.

“Ini merupakan bentuk kesiapsiagaan kita menghadapi potensi-potensi bencana. Kita berharap agar Kabupaten OKI maupun daerah lainnya dapat terhindar dari bencana alam,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Kabupaten OKI telah siap, baik dari personil, peralatan, maupun cara bertindak apabila terjadi bencana alam.

BACA JUGA:Pj Bupati OKI Datangi RSUD Kayuagung, Ada Apa Ya?

BACA JUGA:Asmar Wijaya Resmi Jabat Pj Bupati OKI, Sejumlah Program Pusat Jadi Prioritas

"Melakukan pengecekan baik personil, peralatan maupun lainnya dipastikan siap. Diharapkan kegiatan ini dapat mewujudkan ketangguhan dalam menghadapi bencana dan memberikan rasa aman kepada masyarakat,” ujarnya.

Asmar berharap, pola penanggulanggan bencana alam secara kolaboratif itu dapat mereka terapkan pada pola pencegahan, sehingga bisa memberikan dampak yang lebih optimal dalam rangka penanganan bencana alam di kabupaten OKI.

"Kerja-Kerja kolaborasi pada pihak terkait sangatlah penting untuk jadi sandaran dalam penanganan bencana alam di wil
ayah Bumi Bende Seguguk,"tutupnya.*/ril

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: