Dua Rumah Warga Ogan Ilir Hampir Ambruk, Dinas Sosial Angkat Bicara

Dua Rumah Warga Ogan Ilir Hampir Ambruk, Dinas Sosial Angkat Bicara

Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Ogan Ilir Rimiadi (Kiri) didampingi dua stafnya.--Foto: Isro

OGANILIR,PALPOS.ID - Dua rumah di Ogan Ilir mengalami rusak berat hingga hampir ambruk.

Kedua rumah itu milik Asia Alias Kupik (50 tahun) warga Desa Ibul Besar II, Kecamatan Pemutan Ogan Ilir. Asia nendiami rumah tersebut bersama adiknya Kendot (45tahun).

Kemudian rumah Maryanto (52 tahun) warga Desa Sungai Pinang Lagati, Kecamatan Sungai Pinang Ogan Ilir. Maryanto menghuni rumah tersebut bersama istri dan ketiga anaknya.

Dua rumah warga Ogan Ilir tersebut mengalami rusak berat hingga hampir roboh akibat diterpa banjir dan dimakan usia (rumah Asia) dan dimakan usia (Rumah Maryanto).

BACA JUGA:Bahaya DBD, Bocah 5 Tahun di Ogan Ilir Jadi Korban, Kadinkes Angkat Bicara

BACA JUGA:Peluncuran Program Pencegahan Stunting di Kota Pagar Alam : Sumatera Selatan Menuju Zero Stunting

Meski sudah hampir amruk pemilik rumah masih mendiami rumah tersebut. Meraka tak punya pilihan lain karena rumah itulah tempat mereka pulang dan berlindung.

Kepala Dinas Sosial Ogan Ilir Hariyanto melalui Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial, Rismiadi mengatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan terkait dua rumah yang mengalami rusak berat tersebut. Melalui Tim Tagana (Taruna Siaga Bencana) pihaknya telah meninjau lokasi serta melakukan pendataan terhadap korban.

"Tim tagana kecamatan kita sudah meninjau lokasi dan melakukan pendataan. Rencananya dalam waktu dekat kita akan meninjau lokasi dan memberikan bantuan," ungkapnya saat di temui di ruang kerjanya. Senin, 21 Januari 2023.

Bantuan itu katanya berupa sandang seperti tikar,baju, selimut juga kelambu. Selain itu, bantuan berupa pangan seperti beras,mie gula dan lainya.

BACA JUGA:7 Sepeda Motor Dikabarkan Hilang Saat Konser Dewa 19, Ini Tanggapan Kapolres Ogan Ilir

BACA JUGA:Ratusan JCH OKU Jalani Pemeriksaan Kesehatan

"Terkait bantuan yang lebih besar atau bedah rumah dan sejumlah uang itu dari Baznas dan PUPerkim. Mudah-mudahan dalam waktu dekat mungkin kita akan bersama-sama meninjau lokasi dan memberikan bantuan kepada korban,"katanya.

"Terkait bantuan rumah itu wilayah Baznas dan PU Perkim. Meraka akan melakukan Verifikasi apakah rumah itu nantinya layak atau tidak untuk dibedah," katanya.

Paling tidak kata Rismiadi terkait dua korban dimaksut dapat diupayakan di bantu dengan sejumlah uang untuk memperbaiki rumahnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa dua rumah roboh tersebut belum dapat dikategorikan sebagai bencana, karena menurut atura Dinas Sosial Provinsi Sumsel baru dapat di kategorikan Bencana apabila terjadi pada minimal 5 kartu keluarga (KK) atau lebih.

BACA JUGA:Peluncuran Program Pencegahan Stunting di Kota Pagar Alam : Sumatera Selatan Menuju Zero Stunting

BACA JUGA:Peduli Korban Banjir, PEP Prabumulih Field Gerak Cepat Berikan Bantuan

"Jadi kalau ini kita sebut musibah belum bisa dikatan bencana. Bencana itu kalau kejadianya di alami oleh 5 Kartu keluarga (KK) atau lebih. Kalau sudah begitu Dinas Sosial Provinsi pasti akan langsung terjun ke lapangan,"jelasnya.

Sementara untuk dua rumah dimaksut cukup di atasi oleh pihak pemerintah Kabupaten.

"Dulu untuk perbaikan rumah Dinas Sosial ada untuk sekarang sudah di pindahkan ke Dinas PUPerkim. Kita dinas Sosial hanya memberikan bantuan berupa sandang dan pangan. Untuk bantuan rumah atau uang nanti kita alihkan ke Baszas atau PUPerkim,"katanya.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: