Diguyur Hujan Deras, Beberapa Kawasan di OKU Terendam Air

Diguyur Hujan Deras, Beberapa Kawasan di OKU Terendam Air

Perumahan Vania 1 Air Paoh terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur Kota Baturaja sejak pagi. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Hujan deras mengguyur Kota Baturaja, Kabupaten OKU sejak pagi hingga siang hari. Kondisi ini tak hayal membuat sejumlah kawasan di Kota Baturaja menjadi banjir.

Pantauan di lapangan, Jumat 16 Februari 2024, daerah yang mengalami banji itu antara lain Jalan Lintas Sumatera perbatasan Desa Tanjung Karang dengam Desa Karang Endah, di depan Citimall Baturaja, Jalan Pancur dan di depan SPBU Batukuning.

Bahkan, pengendara motor terpaksa menggunakan jasa mobil pickup untuk mengangkut sepeda motornya agar bisa melewati banjir yang menggenang di jalan lintas.

Selain beberapa ruas jalan yang tergenang banjir, terdapat satu pemukiman yakni Perumahan Bungur Raya Residen di Kelurahan Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur yang terendam banjir dengan arus deras.

Dedi (40) warga di sekitar Perumahan Bungur mengatakan, kondisi banjir seperti ini terjadi pada saat turun hujan dengan intensitas tinggi disertai air Sungai Ogan yang pasang.

BACA JUGA:Puluhan Rumah Warga OKU Terendam Banjir

BACA JUGA:Bupati OKU Minta Masyarakat Jaga Kebersihan Untuk Cegah Banjir

“Selain itu, mungkin karena drainase di perumahan itu yang kecil, sehingga tidak mampu menampung debit air yang tinggi,” ujarnya.

Dia berharap, pemerintah dapat melakukan upaya pencegahan agar kejadian serupa di perumahan tersebut tidak terus terulang.

“Misal, membuat drainase yang lebih besar atau membuat sejenis waduk untuk jadi tempat resapan air di sekitar perumahan itu,” ungkapnya

Terpisah, Dayat (38), salah satu pengemudi mobil mengaku, terpaksa menerobos genangan banjir di Jalinsum Baturaja karena tidak ada jalur alternatif.

“Tadi saya pelan-pelan karena di sisi jalan ada beberapa warga yang berjualan buah durian. Untung ada warga yang memandu agar pengendara tidak terjebak di jalan berlubang,” katanya singkat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: