Rekapitulasi KPU, Prabowo- Gibran Menang Telak Ogan Ilir, Segini Jumlah Suara yang Diperoleh

Rekapitulasi KPU, Prabowo- Gibran Menang Telak Ogan Ilir, Segini Jumlah Suara yang Diperoleh

Perolehan Suara Pilpres Di Ogan Ilir, Sumsel--Foto: KPU Ogan Ilir

OGANILIR,PALPOS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir telah menyelesaikan proses rekapitulasi suara di tingkat kabupaten pada Sabtu, 2 Maret 2024 lalu. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memperoleh suara terbanyak dalam Pemilihan Presiden yang diselenggarakan pada 14 Februari 2024 lalu.

Berdasarkan data rekapitulasi dari 16 kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir, jumlah pemilih mencapai 270.546 orang. Dari hasil rekapitulasi tersebut, pasangan Prabowo-Gibran berhasil meraih dukungan mayoritas dengan perolehan suara sebanyak 179.202, mengungguli pasangan lainnya.

Pasangan Prabowo-Gibran memperoleh suara sebesar 66,23 persen, menandakan tingginya tingkat dukungan dari pemilih di Ogan Ilir. Sementara itu, pasangan Anies Rasyid Baswedan-Ahmad Muhaimin Iskandar berada di posisi kedua dengan perolehan suara sebanyak 56.056, atau 20,7 persen dari total suara. Diikuti oleh pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan perolehan suara 25.191, atau 9,31 persen.

Dalam unggahan media sosial KPU Kabupaten Ogan Ilir, disebutkan bahwa pemilih pada Pemilu tersebut terdiri dari Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

BACA JUGA:Respon Kecemasan Warga Terkait Harga Bahan Pokok Naik, Polres dan Pemkab Ogan Ilir Sidak Pasar Indralaya

BACA JUGA:Mengurai Masalah Perpisahan Siswa, Disdikbud Ogan Ilir Keluarkan Surat Edaran, Ini Isinya!

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Ogan Ilir, Masjidah, mengungkapkan bahwa jumlah DPT di Kabupaten Ogan Ilir pada Pemilu 2024 mencapai 315.287 orang. Angka partisipasi pemilih pada Pemilu tersebut mencapai 85,81 persen, menurut unggahan akun Instagram resmi KPU Kabupaten Ogan Ilir.

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, sebelumnya telah menyatakan optimisme terhadap tingkat partisipasi pemilih di kabupaten tersebut. Hal ini terbukti dari antusiasme masyarakat yang tinggi dalam menggunakan hak pilihnya, seperti yang ia saksikan saat melakukan monitoring bersama Forkopimda Kabupaten Ogan Ilir.

"Pada pukul 11.00 WIB, kita sudah lakukan monitoring, dan hasilnya kita melihat 75 persen masyarakat yang terdaftar di TPS tersebut sudah melakukan pencoblosan," ujarnya kepada awak media pada Rabu, 14 Februari 2024 lalu.

Panca juga menekankan pentingnya menghadapi kendala dengan cepat dan mengamati pelaksanaan Pemilu dengan baik. Dalam rangka itu, ia bersama Forkopimda Kabupaten Ogan Ilir melakukan monitoring di beberapa lokasi, seperti Desa Tanjung Laut, Limbang Jaya, Tanjung Pinang, dan Kelurahan Tanjung Batu Timur.

BACA JUGA:Pemkab Ogan Ilir Sukses Bangun Pabrik Pakan Ikan, Segini Produksinya Sehari

BACA JUGA:Ketua DPD Partai Nasdem Turun ke Lokasi, Beri Santunan Korban Kebakaran Mess SPBU Lubuk Tanjung

Dengan hasil rekapitulasi ini, pasangan Prabowo-Gibran memperkuat posisinya sebagai unggulan di Kabupaten Ogan Ilir, sementara kabupaten ini mencatat tingkat partisipasi pemilih yang tinggi, menunjukkan antusiasme masyarakat dalam menentukan nasib politiknya.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: