Ramadhan, Pegadaian Catat Peminat Produk Gadai Tumbuh 8,18 Persen

Ramadhan, Pegadaian Catat Peminat Produk Gadai Tumbuh 8,18 Persen

--

BISNIS, PALPOS.ID-Outlet Pegadaian di wilayah Kanwil III Sumbagsel (Sumsel- Babel, Jambi, Bengkulu, Jambi dan Bengkulu) mencatat peningkatan signifikan dalam permintaan modal, khususnya di periode Q1 2024.

Data terkini menunjukkan bahwa kenaikan permintaan tersebut disumbang oleh produk gadai, yang mengalami pertumbuhan sebesar 8,18%, serta produk mikro dengan pertumbuhan sebesar 6,61%.

Peningkatan permintaan modal dari produk gadai terjadi akibat banyaknya masyarakat yang membutuhkan dana tambahan untuk persiapan di bulan suci Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri.

BACA JUGA:Ayo Investasi Emas Batangan, Harganya Turun Tajam. Berikut Daftar Harga Emas Batangan di Pegadaian dan Antam

BACA JUGA:10 Cara Mudah Tarik Saldo DANA di Alfamart dan Pegadaian : Langkah demi Langkah

Tidak hanya gadai emas saja yang menjadi trend dari tahun ke tahun di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, diprediksi menjelang lebaran akan ada kenaikan gadai kendaraan bermotor.

Asumsi masyarakat daripada meninggalkan kendaraan di rumah sementara mereka pergi mudik, lebih baik dititipkan di Kantor Pegadaian saja dengan alasan keamanan masih sangat melekat.

Produk mikro juga turut berkontribusi signifikan dalam pertumbuhan permintaan modal, terutama dari pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang aktif di berbagai sektor, termasuk UMKM berbasis kuliner.

BACA JUGA:Terobos Pelosok, Mobil UPK Pegadaian Targetan Transaksi Rp 100 Juta

BACA JUGA: Pertamina Membuka Cakrawala Baru dengan BrightGas Scanner: Memudahkan Konsumen dalam Memastikan Keaslian Prod

"Dalam beberapa bulan terakhir, kami mencatat lonjakan permintaan modal yang cukup tinggi, terutama dari para pelaku UMKM. Mereka membutuhkan dana tambahan untuk meningkatkan persiapan dan stok menjelang Idul Fitri," ungkap Dwi Hadi Atmaka, Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil III Sumbagsel.

Peningkatan permintaan modal ini diprediksi terus berlanjut hingga memasuki menjelang Hari Raya Idul Fitri, di mana banyak pelaku UMKM yang menghadapi tantangan dalam mengatasi lonjakan permintaan dari konsumen.

Dalam situasi ini, Pegadaian memainkan peran penting sebagai penyedia solusi permodalan yang mudah diakses dan dapat membantu pelaku UMKM untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka.

BACA JUGA:Toko Emas Cemerlang Indralaya Rayakan Grand Opening dengan Tawaran Promo Menarik

BACA JUGA:Misteri Penurunan Harga Emas Hari Ini: Apa yang Mendasarinya?

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM di Palembang dengan menyediakan berbagai produk permodalan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Di tengah situasi ekonomi yang tidak pasti, kami berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan UMKM dan perekonomian lokal," tambah Dwi.

Selain kenaikan permintaan modal, terdapat juga peningkatan signifikan dari sisi investasi, khususnya dalam pembelian emas.

Para nasabah yang mendapatkan kelebihan dana dari berbagai sumber, termasuk pembagian bonus tahunan dan nanti juga ditambah dengan Tunjangan Hari Raya, mereka lebih memilih mengalokasikan dana mereka dalam investasi emas di Pegadaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: