Gerakan Tanam Cabai Serentak di Kabupaten OKI untuk Tekan Inflasi dan Dukung Kemandirian Pangan

Gerakan Tanam Cabai Serentak di Kabupaten OKI untuk Tekan Inflasi dan Dukung Kemandirian Pangan

Gerakan Tanam Cabai Serentak di Kabupaten OKI untuk Tekan Inflasi dan Dukung Kemandirian Pangan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Melalui sosialisasi dan pembekalan teknis dari para penyuluh pertanian, diharapkan petani dan masyarakat dapat lebih aktif terlibat dalam produksi cabai.

Selain itu, Pj Bupati OKI, Asmar Wijaya, menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam mewujudkan kemandirian pangan.

BACA JUGA:24 Anggota Jama'ah Islamiyah Kabupaten OKI Dilepas Baiat

BACA JUGA:FASI Tingkat Kabupaten OKI 2023, Tanamkan Semangat Beragama Sejak Dini

Dengan mengubah pola pikir dari konsumen menjadi produsen, diharapkan akan tercipta lingkungan sosial yang lebih mandiri secara ekonomi dan pangan.

Menyemarakkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

Kegiatan tanam cabe serentak ini juga sejalan dengan gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang sedang gencar didorong oleh pemerintah daerah. 

Dengan meningkatkan produksi cabai secara lokal, Kabupaten OKI turut berkontribusi dalam mencapai tujuan tersebut.

Sumsel Mandiri Pangan merupakan upaya untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor pangan serta meningkatkan produksi lokal guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. 

Dengan demikian, keberhasilan gerakan tanam cabe serentak ini akan menjadi contoh bagi kabupaten lain di Sumatera Selatan untuk melakukan langkah serupa dalam mencapai kemandirian pangan.

Keberlanjutan Gerakan Tanam Cabe Serentak

Untuk memastikan keberlanjutan dari gerakan tanam cabe serentak ini, perlu adanya upaya yang berkelanjutan dalam mendukung petani lokal. 

Hal ini termasuk penyediaan sarana dan prasarana pertanian yang memadai, pemantauan terhadap perkembangan tanaman, serta pendampingan teknis secara berkala.

Selain itu, penting juga untuk terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pertanian sebagai salah satu sektor vital dalam membangun kemandirian pangan. 

Melalui kesadaran akan pentingnya pertanian, diharapkan masyarakat akan semakin mendukung dan berpartisipasi dalam gerakan tanam cabe serentak maupun kegiatan pertanian lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: