Bersama PIKA-PI, UMKM Pusri Siap Tampil di Ajang Internasional

Bersama PIKA-PI, UMKM Pusri  Siap Tampil di Ajang Internasional

Bersama PIKA-PI, UMKM Pusri Siap Tampil di Ajang Internasional. F Humas Pusri --

PALEMBANG, PALPOS.ID - Dalam rangka persiapan PT Pupuk Indonesia (Persero) yang akan mengikuti gelaran Jakarta Fashion Week di Oktober mendatang yang rencananya akan mengusung Tema “Wastra Palembang”,. Untuk itu, Kuntari L. Dewi atau Tata Rahmad Pribadi selaku Ketua Umum Persatuan Istri Karyawan Pupuk Indonesia (PIKA-PI) Group mengunjungi sejumlah UMKM binaan Pupuk Sriwidjaja (Pusri) langsung ke Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) pada 23-24 Maret 2024.

Kunjungan ini dilaksanakan bersamaan dengan Rangkaian Kegiatan Safari Ramadhan Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Rahmad Pribadi ke Pusri, sekaligus menjadi komitmen PIKA-PI Group mendorong kemajuan dan perkembangan UMKM binaan hingga mampu bersaing di pasar internasional.

Ketua Umum PIKA-PI Group Tata Rahmad Pribadi menyampaikan, bahwa PIKA-PI Group bersama Pupuk Indonesia Group memiliki komitmen yang kuat dalam pembinaan UMKM, khususnya yang bergerak di bidang wastra atau kain tradisonal seperti UMKM yang ada di sekitar wilayah operasional Pusri.

BACA JUGA:Safari Ramadan PT Pusri Tebarkan Kebaikan kepada Sesama

BACA JUGA:Bulan Ramadan, Pusri Sediakan Stok Pupuk sesuai Ketentuan

"Kita semua tahu jika Pusri merupakan pionir industri pupuk dan petrokimia di Indonesia, serta memiliki komitmen yang kuat dalam pengembangan UMKM wastra atas operasional usahanya. Sementara wastra yang banyak dikembangkan oleh UMKM binaan Pusri adalah karya peninggalan dari kerajaan Sriwijaya yang merupakan kerajaan Buddha tertua di Nusantara," ujar Tata.

Tata menambahkan, pembinaan ini dilakukan untuk mendorong UMKM wastra naik kelas dengan memperluas pasar yang tidak hanya untuk pasar di dalam negeri tapi juga mancanegara. 

"Pembinaan dilakukan dengan memberikan pinjaman modal dan peningkatan kompetensi sehingga para UMKM dapat menghasilkan produk yang bersaing di tingkat nasional maupun global. Agar bisa menarik pasar global kita juga mendorong para UMKM wastra yang menjadi binaan menggunakan pewarna dari bahan alam. Lingkungan saat ini tengah menjadi isu global," jelas Tata.

BACA JUGA:Mitra Binaan Pusri Sukses Raih Keuntungan Puluhan Juta di INACRAFT 2024

BACA JUGA:Dukung UMKM Go Global, Mitra Binaan Pusri Ikuti Pameran Pesona Kriya Pupuk Indonesia

Selain itu lanjut dia, pembinaan juga dilakukan dengan mengikutsertakan pelaku UMKM tersebut di sejumlah pameran, khususnya yang berskala dunia, serta berkolaborasi dengan desainer hebat di tanah air.

Sebagai wujud nyata perhatian terhadap pelaku UMKM wastra kata Tata, program kunjungan ke sejumlah UMKM wastra binaan Pusri menjadi salah satu rangkaian dalam Safari Ramadan Pupuk Indonesia Group yang pertama kali digelar. 

“PIKA-PI Group terlibat langsung dalam rangkaian acara ini, keterlibatannya dengan melakukan kunjungan kepada UMKM binaan, Kami berharap kunjungan ini menjadi bentuk perhatian yang mampu memotivasi para pelaku UMKM untuk terus berinovasi," terang Tata. 

BACA JUGA:Melaunching Posyandu Sehati, Wujud Pusri Peduli Gizi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: