Ekspansi Kuliner Nusantara: Seblak, Camilan Pedas Asal Jawa Barat yang Mendunia

Ekspansi Kuliner Nusantara: Seblak, Camilan Pedas Asal Jawa Barat yang Mendunia

Ekspansi Kuliner Nusantara: Seblak, Camilan Pedas Asal Jawa Barat yang Mendunia-foto: tangkapan layar ig: mieeror_kwanyar-

PALEMBANG, PALPOS.ID - Seblak, sebuah nama yang mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang kini mulai menjelma menjadi salah satu ikon kuliner Indonesia yang mendunia.

Asalnya dari Jawa Barat, seblak adalah sebuah hidangan berbahan dasar kerupuk basah yang direndam lalu dimasak dengan aneka rempah, sayuran dan protein seperti telur, ayam atau seafood yang dikenal dengan rasa pedasnya yang khas.

BACA JUGA:Resep Tumis Kecambah: Hidangan Sehat dan Lezat yang Mudah Disajikan

BACA JUGA:Mengungkap Rahasia Resep Es Kacang Merah Khas Palembang yang Lezat dan Segar

Makanan ini, yang awalnya adalah makanan kelas bawah yang sering dijumpai di pinggir-pinggir jalan Bandung dan kota-kota lain di Jawa Barat kini telah merambah ke restoran dan cafe di berbagai wilayah Indonesia dan bahkan mancanegara.

Keunikan rasa dan kepedasannya yang dapat diatur sesuai selera membuat seblak kini menjadi favorit banyak kalangan mulai dari anak-anak muda hingga orang dewasa.

BACA JUGA:Menikmati Cita Rasa Es Kacang Merah Khas Palembang yang Lezat

BACA JUGA:Menjelajahi Lezatnya Cita Rasa Otak-Otak, Hidangan Khas Palembang

Menurut sejarah, seblak berasal dari kota Bandung pada era 1980-an.

Hidangan ini pada awalnya merupakan cara masyarakat lokal untuk mengolah sisa kerupuk yang tidak terjual yang kemudian diberi air panas dan bumbu untuk menciptakan sajian yang lezat dan mengenyangkan.

BACA JUGA:Menggali Keunikan Kerupuk Khas Palembang: Sejuta Sensasi dalam Setiap Gigitan

BACA JUGA:Pempek Adaan vs Pempek Pistel: Merasakan Keunikan Rasa Kuliner Palembang

Dengan berkembangnya waktu, variasi seblak pun bertambah.

Tidak hanya kerupuk, bahan lain seperti makaroni, bihun dan aneka jenis bakso kini sering ditambahkan untuk memperkaya cita rasa dan tekstur dari seblak itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: