Pj Gubernur Sumsel Dukung AMSI Sumsel dalam Memerangi Berita Hoaks

Pj Gubernur Sumsel Dukung AMSI Sumsel dalam Memerangi Berita Hoaks

Pj Gubernur Sumsel Dukung AMSI Sumsel dalam Memerangi Berita Hoaks.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

METROPOLIS, PALPOS.ID - Pj Gubernur Sumsel Dukung AMSI Sumsel dalam Memerangi Berita Hoaks.

Dalam upaya memerangi penyebaran informasi palsu atau hoaks, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Agus Fatoni, secara tegas menyatakan dukungannya terhadap langkah-langkah yang diambil oleh Assosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sumatera Selatan (Sumsel). 

Dukungan ini disampaikan dalam sebuah audiensi yang dihadiri oleh para pengurus AMSI Sumsel dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, di Griya Agung Palembang pada Sabtu 04 Mei 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menjelaskan bahwa kerja sama yang dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Provinsi Sumsel dan AMSI Sumsel akan menjadi landasan bagi langkah-langkah konkret dalam memerangi penyebaran hoaks. 

BACA JUGA:AMSI Gelar Workshop Mengembangkan Ekosistem Fact-Checking: Antisipasi Pilkada Serentak

BACA JUGA:Perpres Publishers Rights: AMSI Harapkan Dorongan bagi Ekosistem Bisnis Media Indonesia

Salah satu langkah konkret yang diusulkan adalah menggelar kegiatan pelatihan cek fakta secara teratur. 

"Kami berencana untuk tidak hanya membatasi pelatihan cek fakta pada momen-momen penting seperti Pilkada, namun juga memperluas cakupan materi untuk mencakup berita-berita umum," ujar Agus Fatoni.

Menurutnya, dengan melibatkan wartawan lintas organisasi seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), dan Ikatan Wartawan Online (IWO), pelatihan cek fakta akan menjadi lebih efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengonsumsi informasi yang valid dan terpercaya.

Sidratul Muntaha, Ketua AMSI Sumsel, menjelaskan bahwa AMSI Sumsel akan menggelar Konferensi Wilayah (Konferwil) III di Hotel The Zuri Palembang pada Minggu 5 Mei 2024. 

BACA JUGA:AMSI dan KPU RI Bersatu Melawan Hoaks: Nota Kesepahaman untuk Cegah Berita Bohong dalam Pemilu

BACA JUGA:AMSI Diskusi Terbuka: Antara Keterlambatan Publisher's Right dan Tantangan AI bagi Media Indonesia

Konferensi ini akan membahas kepengurusan baru dan program-program yang akan dilakukan AMSI Sumsel dalam empat tahun ke depan.

"Pemerintah Provinsi Sumsel sangat mendukung inisiatif AMSI Sumsel dalam menggelar Konferwil III ini, dan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni telah menyatakan kesediaannya untuk hadir dan membuka kegiatan tersebut," ungkap Sidratul Muntaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: