Cegah Dini Eskalasi Konflik Sosial di Sungai Sodong, Forkopimda OKI Berdialog dengan Warga dan Perusahaan

Cegah Dini Eskalasi Konflik Sosial di Sungai Sodong, Forkopimda OKI Berdialog dengan Warga dan Perusahaan

Cegah Dini Eskalasi Konflik Sosial di Sungai Sodong, Forkopimda OKI Berdialog dengan Warga dan Perusahaan, Selasa. 28 Mei 2024.-Foto : Humas Kominfo OKI-

Setelah sebelumnya muncul ketegangan, saat warga setempat melakukan aksi unjuk rasa menentang kegiatan replanting (peremajaan tanaman) kelapa sawit pada malam hari oleh PT SWA di lahan seluas 633 hektar, Kondisi desa tersebut hingga kini aman dan kondusif.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Sungai Sodong, Syamsul mengemukakan, pemerintah desa selalu mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kamtibmas, jangan sampai terjadi perselisihan.

BACA JUGA:Sampaikan Duka Mendalam, Asmar Jenguk Korban Kecelakaan Bus Study Tour Asal SDN OKUT di RSUD Kayuagung

BACA JUGA:Bawa Siswa SDN 1 Harisan Jaya OKUT, Bus Minanga Alami Kecelakaan, 2 Penumpang Meninggal Dunia 19 Luka Ringan

“Hanya saja ke depan PT SWA diminta untuk selalu berkordinasi kepada pemerintah desa, jika ingin menggarap lahan yang ada. Hal itu agar tidak terjadi perselisihan demi menjaga keamanan dan ketertiban bersama, tuturnya.

Meskipun kondisi di Desa Sungai Sodong telah kembali kondusif, Polres OKI tetap menyiagakan personil khususnya di areal yang disengketakan.

Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto menerangkan, sudah satu bulan terakhir, mereka rutin menggelar patroli dialogis untuk memastikan keadaan di Desa Sungai Sodong dan PT SWA dalam keadaan aman, kondusif dan terkendali.

"Kondusifitas itu berguna bagi kedua belah pihak. Bagi PT SWA dapat melaksanakan aktivitas perkebunan, yakni tanam tumbuh di perkebunan milik mereka. Sementara, bagi warga Desa Sungai Sodong merasa terayomi dengan adanya kehadiran pihak Polres OKI," tutupnya. ril

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: