Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Tujuh Daerah Kabupaten Paling Tajir di 'Kota Melayu Deli'

Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Tujuh Daerah Kabupaten Paling Tajir di 'Kota Melayu Deli'

Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Tujuh Daerah Kabupaten Paling Tajir di 'Kota Melayu Deli'.-Palpos.id-Foto : Tangkapan Layar Youtube @drone indonesia

SUMATERA UTARA, PALPOS.ID - Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Tujuh Daerah Kabupaten Paling Tajir di 'Kota Melayu Deli'.

Provinsi Sumatera Utara yang terletak di bagian utara Pulau Sumatera, adalah salah satu provinsi dengan pertumbuhan ekonomi yang signifikan di Indonesia. 

Dengan ibu kota di Kota Medan, provinsi ini memiliki luas wilayah sebesar 72.981,23 km² dan merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia. 

Pada 30 Juni 2022, jumlah penduduk Sumatera Utara tercatat sebanyak 15.305.230 jiwa dengan kepadatan penduduk sekitar 210 jiwa per kilometer persegi. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Intip Profil Kabupaten Asahan Calon Otonomi Baru Provinsi Sumatera Timur

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Menilik Potensi Kabupaten Asahan dalam Pembentukan Provinsi Sumatera Timur

Di antara 8 kota dan 25 kabupaten yang ada, terdapat 7 kabupaten/kota yang dikenal sebagai daerah paling kaya alias tajir di provinsi ini.

Kabupaten Deli Serdang

Kabupaten Deli Serdang, dengan ibu kota di Lubuk Pakam, adalah kabupaten paling tajir di Sumatera Utara. 

Dengan jumlah penduduk sekitar 1,9 juta jiwa, ekonomi Deli Serdang didominasi oleh sektor pertanian, hotel, restoran, perdagangan, peternakan, dan restoran. 

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Deli Serdang mencapai Rp 110,15 triliun, menjadikannya pusat ekonomi yang vital di Sumatera Utara. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Akademisi Tegaskan Otonomi Baru Provinsi Sumatera Timur Memenuhi Syarat

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Usulan Pembentukan Otonomi Baru Provinsi Toba Raya Terus Bergulir

Peran sektor pertanian sangat signifikan, dengan produksi komoditas seperti padi, jagung, dan berbagai jenis sayuran yang berkontribusi besar terhadap perekonomian daerah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: