Syarafol Anam, Salah Satu Warisan Budaya Palembang yang Tidak Tergerus Zaman

Syarafol Anam,  Salah Satu Warisan Budaya Palembang yang Tidak Tergerus Zaman

Salah satu grup Syarafol Anam KKP yang masih eksis di Palembang.-@romipalpos-dokumen /Palpos.Id

LIFESTYLE, PALPOS. ID - Semakin tergerusnya kesenian asli Palembang sekaligus warisan budaya Palembang Darussalam Syarofal Anam.

Alhamdulillah masih terlihat manakalah pada saat acara acara khusus yaitu acara tasmiyah ataupun acara Ngarak khitanan..

Masih di temui salah satu group syarofal Anam KKP ( kerukunan keluarga Palembang ) yang di ketuai oleh ustadz Mubarok MA di salah satu gedung pernikahan di kota Palembang.

Saat melakukan tradisi arak arakan pengantin, tampak beberapa personil yg terdiri dari anak anak yg melakukan tarian rodat yg berbaris berdiri di depan serta personil dewasa yg membawakan syair syolawat dengan di sertai tabuhan khas terbangan Palembang.

BACA JUGA:Kue Serabi: Kuliner Tradisional Indonesia yang Kaya Akan Rasa dan Budaya

BACA JUGA:Raih Gelar Bujang Gadis 2024, Fuad Riduan dan Arfah Ainunnifah Mengemban Tugas Promosikan Adat Budaya OKI

Dengan ciri kostum khas Palembang rumpak tanjak dgn rapi group syarofal Anam tersebut mengiringi pengantin yg berdiri di belakang iring iringan.

Menurut Ustadz Mubarok MA beliau berharap agar tradisi asli Palembang Darussalam khususnya arak arakan pengantin ini agar dapat menjadi ikon di kota Palembang.

"Kita juga berharap kepada generasi muda agak dapat mewarisi serta mau belajar agar nantinya kegiatan ini tidak hilang bahkan di kota Palembang hanya bersisa beberapa group syarofal Anam yg berada di berapa wilayah saja di kota Palembang," harap Ustad Mubarok.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: