Bawaslu OKU Buka Posko Pengaduan Coklit untuk Pastikan Hak Pilih Warga Terjamin

Bawaslu OKU Buka Posko Pengaduan Coklit untuk Pastikan Hak Pilih Warga Terjamin

Komisioner Bawaslu OKU, Feru. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) telah membuka posko pengaduan Coklit (Pencocokan dan Penelitian) bagi masyarakat.

Posko tersebut bertujuan untuk memfasilitasi warga yang belum terdaftar atau belum dicoklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) hingga batas waktu yang telah ditentukan.

Komisioner Bawaslu OKU, Ferru mengatakan, pembukaan posko pengaduan ini adalah langkah proaktif untuk memastikan tidak ada warga yang kehilangan hak pilihnya dalam pemilihan mendatang.

BACA JUGA:Bawaslu OKU Dapat Dana Hibah Rp13 Miliar

BACA JUGA:Bawaslu OKU Butuh 28 Panwascam Untuk Pilkada 2024

“Kami ingin memastikan bahwa setiap warga negara yang berhak memilih dapat terdaftar dengan benar dan mendapatkan hak pilihnya. Posko pengaduan ini adalah upaya kami untuk mendengar dan menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait proses coklit,” ujarnya, Selasa 9 Juli 2024.

Masyarakat juga diberikan kesempatan untuk melaporkan jika ada anggota keluarga atau tetangga yang sudah meninggal dunia tetapi masih tercantum dalam daftar pemilih. Hal ini penting untuk memastikan akurasi data pemilih dan menghindari potensi kecurangan dalam proses pemilihan.

“Selain di Kantor Bawaslu OKU, posko pengaduan juga ada di setiap Pengawas Kelurahan/ Desa (PKD),” sambung Feru.

Dengan adanya posko pengaduan ini, diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang merasa hak pilihnya terabaikan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: