PLN Imbau Waspada Hujan Lebat, Ini 5 Langkah Antisipasi untuk Bahaya Kelistrikan

PLN Imbau Waspada Hujan Lebat, Ini 5 Langkah Antisipasi untuk Bahaya Kelistrikan

PLN Imbau Waspada Hujan Lebat, Ini 5 Langkah Antisipasi untuk Keselamatan Anda--humas PLN

PALEMBANG, PALPOS.ID – Hujan lebat diperkirakan mengguyur sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu, pada Jumat (20/9) dan Sabtu (21/9).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut potensi cuaca ekstrem ini dipicu oleh interaksi Bibit Siklon Tropis, aktivitas Gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial, serta anomali suhu permukaan laut yang hangat.

PLN pun mengimbau masyarakat untuk waspada dan melakukan langkah antisipasi guna menghindari bahaya kelistrikan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB), Adhi Herlambang, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya pencegahan, seperti penertiban jarak aman antara pohon dan jaringan listrik.

BACA JUGA:Upaya Kurangi Emisi Karbon, Pabrik Ajinomoto Gunakan Listrik Bersih PLN dengan 219 Ribu Unit REC Per Tahun

Selain itu, PLN juga giat menyosialisasikan bahaya umbul-umbul, baliho, dan antena yang dapat roboh menimpa jaringan listrik akibat angin kencang.

“Kami secara rutin melakukan Right of Way (ROW) untuk menjaga jarak aman pohon dari jaringan listrik dan telah melakukan edukasi jarak aman sejak Agustus.

Dengan upaya ini, kami berharap masyarakat semakin paham akan pentingnya menjaga keamanan di sekitar jaringan listrik, terutama saat cuaca ekstrem,” ujar Adhi.

Cegah Bahaya Kelistrikan, PLN Berikan Tips Antisipasi Saat Musim Hujan

Menjelang musim hujan, PLN mengimbau masyarakat untuk lebih peduli terhadap kondisi instalasi listrik di rumah masing-masing.

BACA JUGA:Dukung Kelancaran Aktivitas Pembelajaran, PLN Layani Kebutuhan Daya Universitas Jambi Sebesar 4.050.000 VA

Kebocoran atap dan kabel yang rusak dapat menyebabkan korsleting berbahaya saat terkena air. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari bahaya kelistrikan:

1. Hindari Berteduh di Tempat Berbahaya

Jangan berlindung di bawah pohon, baliho, atau tiang listrik yang rentan disambar petir atau roboh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: