Tim PORA Kemenkumham Sumsel Sinergi Dengan Pemkot Pagaralam, Perkuat Pengamanan Jelang Pilkada

Tim PORA Kemenkumham Sumsel Sinergi Dengan Pemkot Pagaralam, Perkuat Pengamanan Jelang Pilkada

--

Dalam kesempatan tersebut, Nurweni menegaskan bahwa Bawaslu memiliki peran yang sangat penting dalam pengawasan Pilkada.

Fungsi Bawaslu mencakup pencegahan, pengawasan, penindakan pelanggaran, hingga penyelesaian sengketa.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Gandeng Universitas Kader Bangsa melalui Peresmian Klinik Kekayaan Intelektual

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Dukung Sinergi dan Implementasi Kerjasama yang Semakin Berdampak

“Bawaslu berkomitmen untuk memperkuat koordinasi dengan Timpora dan instansi terkait lainnya. Kami juga akan meningkatkan kapasitas pengawas pemilu agar dapat melakukan pengawasan secara lebih efektif,” jelas Nurweni.

Nurweni juga menyampaikan beberapa indikasi yang harus diwaspadai, di antaranya adalah potensi adanya orang asing yang menggunakan KTP Indonesia dan berpotensi menjadi pemilih tetap.

“Ini menjadi salah satu fokus pengawasan kami agar tidak ada penyalahgunaan identitas yang dapat mempengaruhi hasil Pilkada,” tambahnya.

Kesiapan Tim PORA dalam Menghadapi Pilkada Rapat ini juga membahas rencana tindak lanjut yang perlu dilakukan oleh Tim PORA dan lembaga terkait untuk memperkuat pengawasan menjelang Pilkada.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Ambil Peran Dalam Pembahasan Rancangan Rencana Strategis DJKI 2025-2029

BACA JUGA:Tingkatkan Pengawasan Orang Asing, Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat Timpora se-OKU Raya

Hal ini termasuk penyusunan strategi dan prosedur pengawasan yang lebih efektif, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam melakukan pengawasan. Sigit Setyawan menambahkan,

“Kita perlu melakukan identifikasi terhadap potensi ancaman yang mungkin muncul, baik dari orang asing maupun dari kolaborasi antara NGO asing dengan LSM lokal. Pengawasan yang ketat diperlukan untuk memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik dan tidak terganggu oleh faktor-faktor eksternal,” ujar Sigit.

Partisipasi dan Komitmen Lembaga Terkait Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai lembaga, termasuk Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pagaralam, Biro Hukum Sekretariat Daerah, serta Kejaksaan Tinggi.

Keberadaan berbagai instansi ini menunjukkan komitmen yang kuat untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif menjelang Pilkada.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Sosialisasikan M-Paspor Kepada Masyarakat OKU

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: