Transformasi Literasi Digital Guru Melalui Inovasi Media Pembelajaran Berbasis ICT

--
Oleh : Camellia, S.Pd., M.Pd., Dra. Umi Chotimah, M.Pd., Ph.D., Dr. Farhan Yadi, S.T., M.Pd., Try Satya Novriantara, Klarissa Yulianda
Transformasi literasi digital guru merupakan sebuah keniscayaan dalam menghadapi era pendidikan abad ke-21 yang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang pesat.
Hal ini tentu menunjukkan keseriusan pada bagaimana para guru beradaptasi dan meningkatkan kapasitas mereka dalam menggunakan teknologi digital, khususnya melalui inovasi media pembelajaran berbasis ICT.
Secara umum, literasi digital tidak hanya mencakup kemampuan menggunakan perangkat teknologi, tetapi juga pemahaman kritis terhadap informasi digital, komunikasi daring yang efektif, serta etika digital.
Dalam konteks pendidikan, literasi digital guru sangat penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang relevan dan menarik bagi siswa.
--
BACA JUGA:Mazda CX-3 Pro AutoExe 2.0L, SUV Kompak dengan Performa Racing
Transformasi ini tidak terjadi secara instan, melainkan melalui proses pelatihan, pendampingan, dan penguatan kompetensi guru dalam mendesain media pembelajaran seperti Canva, Quizizz, Wordwall, dan Cup Cut.
Inovasi media pembelajaran berbasis ICT memungkinkan pembelajaran yang lebih personal, fleksibel, dan adaptif terhadap kebutuhan siswa.
Transformasi ini bukan hanya tentang penguasaan alat teknologi, tetapi bagaimana guru mampu mengintegrasikan teknologi secara pedagogis, berlandaskan pada tujuan pembelajaran yang bermakna.
Salah satu Solusi yang diberikan yaitu melaksanakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat melalui pendanaan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Riset dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi Tahun Anggaran 2025 Sesuai dengan Kontrak Pengabdian Nomor 105/C3/DT.05.00/PM/2025.
BACA JUGA:Kreatif Berinovasi, Agen BRILink di Kota Bengkulu Permudah Layanan Transaksi Keuangan
Dengan judul “ Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ICT untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru di SMA Negeri 1 Tanjung Raja” secara bertahap, yaitu koordinasi dengan sekolah, sosialisasi & pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi.
Karena Guru harus menyesuaikan perkembangan teknologi digital saat ini sebagai peluang untuk memotivasi dan menggunakannya sebagai sarana meningkatkan kinerja terutama dalam pembelajaran (Ahyani, et al : 2024). Hal inilah yang menjadi prioritas utama bagi tim pengabdian kepada masyarakat
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: