ETLE di Kota Lubuklinggau Segera Dilauching

Kamis 05-01-2023,18:40 WIB
Reporter : Yati
Editor : Eco

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID.- Infrastuktur Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan atau Sumsel sudah selesai dipasang. Saat ini pengerjaan ETLE sudah masuk babak akhir sebelum diterapkan.

'ETLE sudah dipasang dilima titik, sekarang sudah masuk tahap akhir yakni hanya tinggal pemeriksaan ulang sebelum diterapkan,' demikian diungkapkan Kapolres Lubuklinggau, AKBP Harissandi, melalui Kasat Lantas Lubuklinggau, AKP Agus Gunawan, usai rapat koordinasi dengan Forum lalu Lintas Angkutan Jalan atau LLAJ Pemerintah Kota Lubuklinggau, di Aula Lantai II Mapolres Lubuklinggau, Kamis 5 Januari 2023.

BACA JUGA:Usai Nyasar Masuk Rumah Warga, Dua Kawanan Begal Diamankan Polisi, Ini Kronologisnya...

Lima titik ETLE dimaksud, satu di Simpang Periuk, dua di Simpang RCA atau Simpang Lintas, satu lagi di Wilayah Perbatasan (Watas) antara Kota Lubuklinggau Provinsi Sumsel dan Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, dan satu lainnya di kawasan Spot Center Petanang.

Penerapan ETLE sendiri menurut Gunawan sapaan kasat lantas, rencananya akan dilaksanakan paling lambat Januari ini, bersamaan dengan kabupaten/kota lain se Sumsel. 'Louching rencananya dalam bulan Januari paling lambat Januari akhir, tapi kepastiannya kapan kita masih menunggu informasi lebih lanjut dari Polda Sumsel,' jelasnya.

BACA JUGA:Siswi SMA di Ogan Ilir Dapat Motor Baru dari Bupati

Sebelum  ETLE resmi ditetapkan, dikatakan Gunawan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk melengkapi rambu-rambu lalu lintas yang ada di sekitar titik ETLE. Salah satu contohnya  rambu-rambu dilarang parkir.

"Yang jelas rambu-rambu harus dilengkapi dan dipasang sesuai kondisi di seputar ETLE,' ujarnya.

BACA JUGA:Bansos BPNT Segera Cair Januari 2023, Cek Nama Kamu di Link Ini!

Meski secara resmi ETLE belum diterapkan, namun kamera ETLE sudah berfungsi dan sudah merekam arus lalu lintas di lima titik yang sudah terpasang. 'Berapa banyak pelanggaran yang terjadi sudah terekam namun belum kita rekap,' tutur Gunawan.

BACA JUGA:Wow ! Dua Warga Lampung Tertangkap Bawa Sabu 20 Kg

Untuk sementara lanjutnya, kamera ETLE tersebut selain difungsikan untuk memantau arus lalu lintas yang terjadi juga untuk memonitoring bila terjadi kecelakaan. 'Jadi kalau ada kecelakaan di lima titik itu kita tahu dan bisa cepat turun ke lokasi,' pungkasnya. *

Kategori :