PALEMBANG, PALPOS.ID– Untuk membantu sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Telkomsel menghadirkan layanan baru tSurvey.id.
Layanan ini untuk memperkuat konsistensi dalam penyediaan layanan survey digital.
Dengan adanya layanan terbaru ini, diharapkan dapat mendukung terciptanya pengambilan keputusan berbasis insight bagi sektor UMKM.
BACA JUGA:Sumur Tercemar, Belasan Warga Kesulitan Air Bersih
BACA JUGA:Marron Valley Pujon Malang, Glamping Tembus Pandang Terasa di Atas Awan
Dengan fitur baru ini, Telkomsel Enterprise juga melanjutkan komitmennya sebagai digital solution enabler yang menghadirkan ragam #PastiAdaSolusi.
Vice President Data Solutions Telkomsel, Alfian Manullang mengatakan, dari data Kementerian Koperasi dan UKM pada Maret 2021 kontribusi UMKM pada produk domestic bruto (PDB) mencapai 61,07 persen.
Atau senilai Rp 8.575,89 triliun.
BACA JUGA:Angkutan Batubara Melintas Diluar Jam Kesepakatan Ditangkap
BACA JUGA:IPhone 14 Plus Didukung Teknologi HDR dengan Daya Tahan Baterai hingga 26 Jam
“UMKM berperan cukup besar dalam perputaran ekonomi Indonesia. Namun menurut data dari Kementrian Kominfo RI tahun 2022, dari 64 juta UMKM di Indonesia, hanya 32 persen saja sudah terdigitalisasi,” jelasnya.
Artinya, ada 68 persen UMKM lagi yang belum memanfaatkan teknologi digital.
“Nah untuk mendorong digitalisasi mendukung potensi UMKM ini, maka Telkomsel hadir dengan merilis solusi berbasis insight. Yang dapat membantu pelaku riset sektor UMKM melalui layanan tsurvey.id,” jelasnya.
BACA JUGA:Dishub OKU Siapkan Bus Gratis Angkut Siswa Sekolah
BACA JUGA: Selama Kemarau, Warga OKU Rentan Terkena Diare