Rencana Pemekaran Kabupaten Agam Menjadi Kabupaten Agam Tuo

Jumat 27-10-2023,09:32 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Bambang

SUMATERA BARAT, PALPOS.ID - Rencana Pemekaran Kabupaten Agam Menjadi Kabupaten Agam Tuo.

 

Pemerintah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat tengah mempertimbangkan sebuah usulan menarik untuk memekarkan wilayahnya. 

 

Meskipun Pemerintah Pusat masih memberlakukan moratorium daerah otonomi baru (DOB), namun usulan ini dinilai sangat layak untuk direalisasikan. Rencananya, Kabupaten Agam akan memekarkan diri menjadi sebuah kabupaten baru yang diberi nama "Kabupaten Agam Tuo."

 

Kabupaten Agam, yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, memiliki karakteristik wilayah yang unik, terbagi menjadi dua bagian utama: wilayah pesisir dan wilayah dataran tinggi. 

 

BACA JUGA:Rencana Pemekaran Wilayah di Provinsi Sumatera Barat: Memahami Langkah-Langkah Menuju Pembangunan Lebih Lanjut

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Solok Selatan Pilih Provinsi Puncak Andalas atau Sumatera Tengah

 

Saat ini, ibukota Kabupaten Agam berada di Kecamatan Lubuk Basung di wilayah pesisir, sementara wilayah dataran tinggi atau wilayah timur Kabupaten Agam mengelilingi Bukit Tinggi Provinsi Sumatera Barat.

 

Dengan rencana pemekaran ini, wilayah Kabupaten Agam Tuo diproyeksikan hanya mencakup luas 648 kilometer persegi, sekitar 20 persen dari luas wilayah Kabupaten Agam yang mencapai 2.265 kilometer persegi. 

 

Kategori :