Di pemilih yang tidak mempunyai akun media sosial elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 49.2%. Elektabilitas Ganjar-Mahfud sebesar 24.6%. Elektabilitas Anies-Muhaimin sebesar 19.2%.
Di pemilih yang menggunakan medsos, di semua saluran Prabowo-Gibran unggul. sebagai contoh di pengguna WhatsApp dan Facebook, misalnya.
Di pengguna WhatsApp, Prabowo-Gibran elektabilitasnya sebesar 44.1%. Ganjar-Mahfud elektabilitasnya sebesar 27%. Anies-Muhaimin elektabilitasnya sebesar 22.6%.
Di pengguna Facebook, Prabowo-Gibran elektabilitasnya sebesar 47%. Anies-Muhaimin sebesar 32.8%. Ganjar-Mahfud sebesar 27.0%.
Data lengkap mengenai pengguna media sosial bisa dilihat di paparan.
???????????????????????? ???? : ???????????????????? ???????????????????? ???????????????????????? ????????????????????????????????????????????
Masyarakat yang menonton debat sebanyak 46.9% (debat cawapres tanggal 22 Desember 2023). Dari yang menonton debat, sebanyak 70.5% menonton sebagian saja, sebesar 29.3% menonton secara utuh. Sehingga yang menonton debat secara utuh hanya 13.7% populasi.
Ketika ditanyakan apakah dengan menonton debat dapat merubah pilihan, sebanyak 74.6% menyatakan tidak merubah pilihan. Yang menyatakan pilihannya berubah sebesar 18.5%.
Jika di dilakukan crosstab data antara yang pilihannya berubah (18.5%) dengan yang menonton debat secara utuh (13.7%), berarti total yang mengubah pilihannya hanya 2.5%.
Pemilih yang mengubah pilihan setelah menonton debat (2.5%), terbagi kepada tiga kelompok. Pertama adalah dari yang memilih menjadi tak memilih pasangan capres-cawapres. Kedua, dari yang tidak memilih menjadi memilih pasangan capres cawapres. Ketiga, dari yang memilih pasangan capres-cawapres A, B, C saling pindah posisi dukungan.
Perilaku pemilih soal debat pertama hingga yang ketiga cukup konsisten, hanya berbeda dalam margin of error. Terlepas siapapun yang dipersepsikan menang debat, sangat kecil sekali pengaruhnya pada perubahan elektabilitas pasangan capres.
???????????????????????? ????: ???????????????????????????? ????????????????????????????-???????????????????????? ???????????????????????? ???????????????????????? ???????????????? ?????????????????????????????
Setidaknya ada tiga hal yang membuat Prabowo-Gibran menaik menuju satu putaran.
Pertama, bertambahnya dukungan dari pemilih milenial kepada pasangan Prabowo-Gibran. Penampilan Gibran yang semakin menyakinkan ditambah re-branding Prabowo dengan gemoy menambah daya tariknya di kalangan muda.
Elektabilitas Prabowo-Gibran pada survei bulan September 2023 di kalangan pemilih muda (usia 30 tahun ke bawah) sebesar 49.5%. Saat ini di survei Awal Januari angkanya mencapai 56.3%.
Kedua, bertambahnya dukungan wong cilik (penghasilan Rp 2 juta ke bawah). Program populis Prabowo-Gibran sangat disukai (Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, makan siang dan susu gratis)