SKK Migas Luncurkan Inovasi Teknologi SPEKTRUM di Pre IOG SCM Summit

Selasa 11-06-2024,17:52 WIB
Reporter : Prabu
Editor : Romi

Sistem ini juga memungkinkan efisiensi dalam pengelolaan tata ruang hulu migas dan mendukung kolaborasi antar pemangku kepentingan.

BACA JUGA:Nekat Melintas di Jalan Lingkar Prabumulih, Belasan Truk Batu Bara Diamankan Tim Gabungan

BACA JUGA:GPM dan OPM, Upaya Konkret Pemkot Prabumulih Menekan Inflasi dan Stabilkan Harga

Pengguna utama dari sistem ini adalah SKK Migas, KKKS, dan para pemangku kepentingan di industri hulu migas, khususnya yang berada di pemerintahan. 

SKK Migas berfungsi sebagai penghubung dan penyedia Infrastruktur Geospasial Dasar (IGD), sementara KKKS bertindak sebagai penyelenggara simpul jaringan Informasi Geospasial Tematik (IGT) di wilayah kerja masing-masing.

Implementasi SPEKTRUM dimulai dengan blueprint arsitektur dan Pedoman Tata Kerja (PTK) SPEKTRUM IOG 4.0. 

Targetnya, 60 persen wilayah kerja hulu migas akan terkoneksi dengan sistem ini pada tahun 2025.

BACA JUGA:Hindari Terhentinya Pelayanan Publik, Pemkot Prabumulih Anggarkan Pembelian Genset

BACA JUGA:Listrik Padam, Polres Prabumulih Turun Tangan Beri Bantuan Air Bersih

Acara pembukaan Pre IOG SCM Summit dihadiri oleh Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, serta para pemangku kepentingan industri hulu migas seperti KKKS, para pelaku industri penunjang hulu migas, kelompok usaha UMKM, lembaga, akademisi, dan perwakilan pemerintahan daerah.

Selain peluncuran SPEKTRUM, acara ini juga menghadirkan sejumlah narasumber yang membahas peran digitalisasi dalam rantai suplai hulu migas. 

Para tamu undangan memiliki kesempatan untuk meninjau booth para pelaku industri hulu migas, termasuk pabrikan, vendor, dan UMKM yang mendukung aktivitas hulu migas di area Jawa Bali, Madura, dan Nusa Tenggara (Jabanusa).

Setelah acara di Surabaya, rangkaian Pre IOG SCM Summit 2024 akan dilanjutkan di Batam pada 3-4 Juli 2024 dengan tema “Collaboration and Market Intelligence”. 

BACA JUGA:Bantu PMI Penuhi Stok Darah, Polres Prabumulih Sumbangkan 48 Kantong Darah

BACA JUGA:Desak Agar Putra-Putri Adat Dipekerjakan, 2 LSM di Prabumulih Gelar Aksi Unjuk Rasa

Puncak acara sekaligus penutup rangkaian kegiatan IOG SCM Summit 2024 akan diadakan di Jakarta pada 14-16 Agustus 2024 dengan tema “SCM Evaluation/Integration Navigating The Future”. (*)

Kategori :