Pj Gubernur Elen Setiadi  Paparkan Program Unggulan  Di Hadapan Komisi VIII DPR RI Saat Reses di Palembang

Selasa 16-07-2024,18:35 WIB
Reporter : Septi
Editor : Bambang

Selanjutnya, Elen Setiadi juga melaporkan tentang Indeks Pembangunan Gender (IPG) Provinsi Sumsel.

IPG merupakan indikator yang menggambarkan perbandingan capaian antara Indeks Pembangunan Manusia (IPM) perempuan dengan laki-laki, yang diukur dari komponen kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Upayakan Diversi Bagi Anak Berhadapan dengan Hukum

BACA JUGA:Ratusan Massa AMUK Gelar Aksi Unjuk Rasa di Kantor Gubernur Sumsel

Pada tahun 2023, IPG Sumsel tercatat sebesar 93,19, berada di atas angka nasional yang sebesar 91,85. Dengan angka tersebut, Sumsel berada di peringkat 9 nasional, menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam hal kesetaraan gender.

Dalam konteks pemberdayaan perempuan, Provinsi Sumsel juga mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) pada tahun 2023.

Penghargaan ini diberikan oleh Presiden sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran serta para pimpinan Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Lakukan Pembinaan Desa Atau Kelurahan Sadar Hukum di kota Lubuklinggau

BACA JUGA:Sumsel Raih Penghargaan Kostum Tradisional Terbaik di Ajang Putra Putri Kebudayaan Remaja Nusantara 2023

Sumsel menerima kategori madya, yang merupakan peningkatan dari kategori pratama pada tahun sebelumnya.

Elen Setiadi berharap kepada Ketua dan Anggota Komisi VIII DPR RI agar dapat memberikan dukungan serta partisipasi aktif sesuai tugas dan kewenangannya.

Beliau juga berharap bahwa data dan informasi akurat yang diperoleh melalui kunjungan kerja ini dapat dijadikan bahan masukan untuk perbaikan pembangunan di masa mendatang, terutama terkait kebijakan Pemerintah Daerah.

BACA JUGA:Tiga Pimpinan Tinggi Kanwil Kemenkumham Sumsel Berganti

BACA JUGA:Keren, Pegawai LPKA Palembang raih 3 medali pada Porprov Sumsel

Sementara itu, Ketua Tim Kunjungan sekaligus Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, H. Marwan Dasopang, mengungkapkan bahwa kunjungan kali ini merupakan kunjungan terakhir sebelum pelantikan kembali pada 1 Oktober 2024.

Marwan menilai kunjungan ini sangat strategis karena melibatkan pembahasan berbagai hal yang dihadapi dan tantangan yang ada.

Kategori :