PLN Baturaja Pangkas Pohon Jaga Pasokan Listrik Pelanggan

Rabu 17-07-2024,21:47 WIB
Reporter : Eco
Editor : Diansyah

BATURAJA, PALPOS.ID - PLN Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melakukan pemangkasan pohon sebagai pemeliharaan untuk menjaga pasokan listrik pelanggan guna mengurangi resiko pemadaman.

Manager PLN Baturaja, Kgs Fahmi Romadona, Rabu 17 Juli 2024 mengatakan bahwa pemeliharaan rutin dilakukan untuk memperpanjang umur peralatan dan mengurangi resiko terjadinya gangguan pada jaringan listrik pelanggan.

"Kami melakukan aktifitas pemampasan tanam tumbuh yang berada dekat dengan jaringan PLN," katanya.

Dalam pengerjaan pihaknya mengerahkan puluhan personel menggunakan alat pelindung diri (APD) agar seluruh petugas aman saat bekerja.

"Karena penyebab sering padamnya listrik 80 persen disebabkan gangguan pohon dan 20 persen karena komponen atau material seperti isolator, kabel dan gardu," katanya.

BACA JUGA:PLN Baturaja Lakukan Pemulihan Jaringan Listrik Pasca Banjir

BACA JUGA:Kesal Listrik Sering Padam, Warga OKU Demo ke PLN Baturaja

Oleh sebab itu, kata dia, pemangkasan pohon dilakukan dibeberapa titik seperti di Kalangan Rebo, Desa Durian, Belimbing dan Padang Bindu agar ranting yang menjuntai tidak mengganggu jaringan kabel listrik pelanggan.

Terkait kegiatan pengamanan jaringan listrik dari pohon ini, kata dia, pihaknya meminta masyarakat untuk tidak melarang petugas melaksanakan pemotongan.

Ia menegaskan, petugas tidak akan memotong pohon tanpa izin, dan tidak memangkas semua ranting pohon yang dianggap tak berbahaya bagi jaringan listrik PLN.

“Sebelum pengerjaan kami pasti izin kepada pemilik pohon. Kami hanya akan merapikan hingga tidak mengenai kabel, jadi mohon pengertian masyarakat,” ujarnya.

Ia juga berharap agar masyarakat aktif melapor jika menemukan instalasi listrik PLN yang rusak atau ingin melakukan pemangkasan pohon demi keamanan bersama. (*)

Kategori :