Pemkot Palembang dan Pemkab Kulon Progo Bersinergi Kendalikan Inflasi Cabai Merah dan Cabai Rawit

Jumat 19-07-2024,18:23 WIB
Reporter : Erika
Editor : Romi

KULON PROGO, PALPOS.ID– Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo menandatangani kesepakatan bersama untuk mengendalikan inflasi cabai merah dan cabai rawit.

Penandatanganan ini berlangsung di ruang rapat Sermo, Pemkab Kulon Progo, dengan Penjabat (Pj) Walikota Palembang Dr. Ucok Abdulrauf Darmenta dan Pj Bupati Kulon Progo Ir. Srie Nurkyatsiwi MMA sebagai perwakilan masing-masing pihak.

Dalam kesempatan yang sama, kerjasama juga diteken antara Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Isnaini Madani, dan Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Kabupaten Kulon Progo, Ir. Sudarna MMA. Kerjasama ini bertujuan menanggulangi inflasi cabai yang sering kali menjadi permasalahan bagi kedua wilayah.

Pj Walikota Palembang, Dr. Ucok Abdulrauf Darmenta, menyampaikan bahwa Pemkot Palembang telah menerapkan langkah-langkah strategis untuk menekan angka inflasi, termasuk melalui pemantauan harga, inspeksi rutin, gerakan menanam cabai secara massal, dan kerjasama antar daerah.

BACA JUGA:Pj Walikota Palembang Imbau Pemasangan Bendera Merah Putih Sambut HUT RI ke-79

BACA JUGA:Sering Macet, Lalu Lintas di Depan RSUD Siti Fatimah dan SD Muhammadiyah Akan Diurai dengan Rekayasa Lalin

"Kerjasama dengan Kulon Progo, sebagai salah satu daerah penghasil cabai terkemuka di Indonesia, adalah salah satu strategi utama kami," jelasnya.

Pasca penandatanganan, Dr. Darmenta menekankan pentingnya menindaklanjuti kesepakatan ini dengan aksi nyata dari pihak terkait. "Kita akan kawal dan lanjutkan langkah-langkah yang sudah berjalan untuk menjaga kestabilan inflasi," tambahnya.

Dr. Darmenta juga mengungkapkan bahwa kebutuhan cabai di Kota Palembang sangat signifikan, mencapai 24 ton per hari, yang digunakan oleh masyarakat, usaha makanan, dan produksi cuko pempek, yang berbahan dasar cabai.

Selain cabai dari Kulon Progo, Pemkot Palembang juga melirik daerah-daerah penghasil cabai di Pulau Sumatera untuk menjamin pasokan yang stabil.

BACA JUGA:Tanggapi Keluhan Warga, Ratu Dewa Pimpin Langsung Pembersihan Jalan Angkatan 45

BACA JUGA:Perumda Tirta Musi Raih Penghargaan CNN Indonesia Awards 2024

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan solusi konkret dalam mengendalikan inflasi cabai, menjaga kestabilan harga, dan memenuhi kebutuhan cabai di Kota Palembang serta daerah-daerah lainnya.**

Kategori :