Pertamina Ambil Langkah Masif, Serahkan Bantuan Penanggulanan Karhutla di Sumsel

Minggu 21-07-2024,14:02 WIB
Reporter : Septi
Editor : Bambang

Tentunya, unsur pemerintahan, TNI dan Polri, Babinsa, serta Kepala Desa harus terlibat dalam pencegahan Karhutla.

Selain itu, pemberian edukasi harus terus dilakukan, semua pihak harus mencari solusi, termasuk penataan sistem gambut dan tata kelola air, serta penegakan hukum harus dilakukan tanpa kompromi,”

Sebagai bagian dari inisiatifnya, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel juga telah menyumbangkan fasilitas pemadam kebakaran yang dikelola oleh Aviation Fuel Terminal Sultan Mahmud Badaruddin II (AFT SMB II).

BACA JUGA:Honda CB350 Legacy Edition Pesona Klasik dengan Teknologi Modern

BACA JUGA:Pertamina EP Resmikan Stasiun Pengumpul

Bantuan ini meliputi penyediaan sarana pemadam api serta pelatihan kepada masyarakat di Kelurahan Talang Jambe dan Talang Betutu mengenai cara memadamkan api skala kecil dan dampak bahaya dari aktivitas Galian C sebagai bagian dari mitigasi bencana.

Fasilitas pemadam kebakaran yang disediakan oleh AFT SMB II dapat diakses oleh seluruh masyarakat setempat melalui koordinasi langsung dengan pihak kelurahan saat terjadi bencana.

Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dan memperkuat keterlibatan mereka dalam menjaga keamanan dan lingkungan sekitar mereka.

BACA JUGA: Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Himbau Warga Beli di Pangkalan Resmi Bukan Pengecer

BACA JUGA: Sukses di Sumatera: Pertamina Ajak UMK Binaan ke Ajang Bisnis dan Investasi Terbesar

Selain itu, Pertamina juga memberikan sosialisasi mengenai dampak bahaya dari aktivitas Galian C.

Sosialisasi ini penting karena lokasi-lokasi yang mendapatkan perhatian tersebut memiliki sektor mata pencaharian yang signifikan dalam pembuatan batu bata, yang sering kali menyebabkan banyak bekas galian tanah liat.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya lingkungan yang ditimbulkan oleh aktivitas galian serta mendorong praktik-praktik yang lebih berkelanjutan dalam industri lokal.

BACA JUGA:Pertamina Siap Amankan Pasokan Energi di Sumsel Jelang Idul Adha, Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman

BACA JUGA:SOP Ketat dan Edukasi Masyarakat: Pertamina Jamin Kualitas LPG 3 Kg

Tjahyo Nikho Indrawan, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Sumbagsel, menegaskan komitmen Pertamina dalam mendukung upaya penanggulangan Karhutla sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.

Kategori :