Festival Kopi Lahat 2024 Menyoroti Potensi Kopi Robusta dan Peran Vital Petani dalam Pembangunan Ekonomi

Senin 05-08-2024,20:25 WIB
Reporter : Septi
Editor : Bambang

Keberhasilan ini menunjukkan tidak hanya kualitas produk kopi yang dihasilkan, tetapi juga kreativitas dan inovasi yang diterapkan oleh para petani dan pelaku industri kopi lokal.

Keterlibatan mereka dalam festival ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan visibilitas dan pengakuan terhadap kopi Lahat di tingkat regional maupun nasional.

BACA JUGA:Pemprov Sumsel Dukung Pertamina Sosialisasikan Transformasi Distribusi LPG Subsidi Ke Masyarakat

BACA JUGA:Gubernur Apresiasi Kesungguhan Kilang Pertamina Plaju dalam Dukungan Proklim

Abi La Baba dari Kopi Petani Kite, yang berhasil meraih Juara 2 dalam kategori Lomba Fotografi Kopi “Pasca Panen,” menyampaikan rasa syukurnya dan apresiasi kepada Pertamina Sumbagsel.

“Kesempatan ini akan saya manfaatkan sebaik mungkin. Berkat dukungan berbagai pihak, khususnya Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, kami dapat meraih kemenangan. Harapannya, festival ini dapat berlangsung setiap tahun dan berkembang hingga ke tingkat nasional,” ujar Abi.

Harapan tersebut sejalan dengan tujuan Festival Kopi Lahat 2024, yaitu tidak hanya merayakan kekayaan kopi lokal, tetapi juga mendorong perkembangan industri kopi yang berkelanjutan.

BACA JUGA:Pertamina EP Resmikan Stasiun Pengumpul

BACA JUGA:Hiswana Migas dan Pertamina Patra Niaga Ajak Insan Pers di Kota Lubuklinggau untuk Bukber

Dengan melibatkan berbagai pihak dan memberikan platform bagi para petani dan pelaku industri kopi, festival ini diharapkan dapat memperkuat posisi kopi Lahat dan Sumatera Selatan di pasar nasional dan internasional.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan, menyatakan bahwa partisipasi Pertamina dalam Festival Kopi Lahat 2024 adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk mendukung pembangunan ekonomi daerah dan mewujudkan capaian Sustainable Development Goals (SDGs) poin 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

“Dengan melibatkan mitra binaan TJSL Pertamina Sumbagsel dalam festival ini, kami berharap dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi petani kopi dan masyarakat secara keseluruhan,” ujar Nikho.

BACA JUGA: Pertamina Patra Niaga Melalui IT Palembang Bekali Warga Binaan Perempuan dengan Keahlian Bersertifikat

BACA JUGA:Dukung Pemerintah Salurkan BBM Tepat Sasaran, Pertamina Patra Niaga Sosialisasikan QR Code Pertalite

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif-inisiatif yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi lokal dan pengembangan sektor kopi.

Dukungan tersebut tidak hanya mencakup partisipasi dalam acara seperti Festival Kopi Lahat, tetapi juga berfokus pada program-program yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kualitas hidup petani kopi.

Kategori :