Presiden Jokowi Umumkan 13 Negara Bebas Visa Kunjungan ke Indonesia: Ini Daftar Lengkapnya

Senin 02-09-2024,07:32 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Yen_har

PALPOS.ID - Presiden Jokowi Umumkan 13 Negara Bebas Visa Kunjungan ke Indonesia: Ini Daftar Lengkapnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membuat langkah signifikan dalam rangka meningkatkan pariwisata dan ekonomi Indonesia. 

Pada 29 Agustus 2024, Presiden Jokowi resmi mengumumkan daftar 13 negara yang mendapat status bebas visa kunjungan ke Indonesia, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 95 Tahun 2024 tentang Bebas Visa Kunjungan.

Kebijakan ini diambil dengan mempertimbangkan asas timbal balik dan asas manfaat bagi Indonesia, khususnya di bidang keamanan, pariwisata, ekonomi, dan investasi. 

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Komitmen Dukung Pengimplementasian Golden Visa

BACA JUGA:Sebanyak 200 JCH OKU Sudah Melakukan Perekaman Visa Biometrik

Pemberlakuan bebas visa ini bertujuan untuk mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan investasi asing, yang diharapkan dapat berdampak positif terhadap perekonomian nasional.

Asas Timbal Balik dan Manfaat

Dalam pengumumannya, Jokowi menekankan bahwa kebijakan bebas visa kunjungan ini dilakukan dengan mempertimbangkan asas timbal balik. 

Negara-negara yang masuk dalam daftar bebas visa ini merupakan negara-negara yang telah memberikan kemudahan serupa bagi warga negara Indonesia untuk berkunjung ke negara mereka tanpa visa. 

Hal ini diharapkan dapat menciptakan hubungan yang lebih harmonis antara Indonesia dengan negara-negara tersebut.

BACA JUGA:Kemenag OKU Kebut Perekaman Visa Biometrik

BACA JUGA:Benarkah Presiden Jokowi Bakal Menjadi Kader Partai Golkar? Ini Penjelasan Menkominfo Budi Arie Setiadi

Selain itu, kebijakan ini juga bertujuan untuk meningkatkan sektor pariwisata Indonesia yang sempat terdampak oleh pandemi COVID-19. 

Dengan semakin banyaknya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia tanpa hambatan visa, diharapkan sektor pariwisata, yang merupakan salah satu penggerak utama ekonomi nasional, dapat kembali bangkit dan berkembang lebih pesat.

Kategori :