MUFG dan Danamon Gelar MUFG N0W 2024: Perkuat Komitmen dalam Mendukung Transisi Energi Indonesia

Kamis 05-09-2024,17:20 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Yen_har

BACA JUGA:Bank Danamon Sasar Bisnis Konsumer Sebagai Official Multifinance Partner di IIMS 2024

BACA JUGA:Danamon Mantapkan Komitmen Mendukung Pertumbuhan Industri Otomotif Melalui Solusi Finansial

Di Asia, MUFG telah berpartisipasi dalam berbagai proyek keberlanjutan, termasuk penerbitan obligasi biru pertama di Indonesia dan berbagai inisiatif transisi energi lainnya.

Sementara itu, Danamon sebagai bagian dari Grup MUFG juga terus memperkuat komitmennya melalui Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB). 

Direktur Syariah & Sustainability Finance PT Bank Danamon Indonesia, Tbk., Herry Hykmanto menyatakan bahwa keberlanjutan merupakan komponen vital dalam strategi bisnis Danamon. 

Di tahun 2023, portofolio pinjaman keuangan berkelanjutan Danamon tumbuh menjadi Rp 31,3 triliun, yang mencakup sektor energi terbarukan, pengelolaan air, dan penggunaan lahan.

Peran Sektor Keuangan dalam Dekarbonisasi Indonesia

Dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan ambisi menuju net zero, Indonesia menjadi salah satu negara dengan potensi besar dalam aksi iklim global. 

Keberhasilan negara ini dalam mewujudkan agenda keberlanjutannya sangat bergantung pada dukungan sektor keuangan, yang dapat menyediakan pembiayaan dan inovasi untuk proyek-proyek keberlanjutan.

MUFG dan Danamon terus memperkuat peran mereka dalam mendukung proyek-proyek energi terbarukan, seperti pengembangan pembangkit listrik tenaga surya, penghematan energi, instalasi panel surya, hingga pendanaan untuk infrastruktur kendaraan listrik. 

Langkah-langkah ini sejalan dengan komitmen Indonesia dalam mempercepat transisi menuju energi bersih.

MUFG N0W sebagai Wadah Kolaborasi Publik-Swasta

MUFG N0W 2024 Jakarta tidak hanya menjadi platform untuk mempromosikan kerja sama sektor publik dan swasta dalam mendukung transisi energi Indonesia, tetapi juga menciptakan diskusi mendalam tentang peluang dan tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan agenda keberlanjutan.

Dengan hadirnya para pemangku kepentingan utama, dari pemerintah hingga pemimpin bisnis, MUFG N0W menjadi wadah strategis untuk merumuskan aksi nyata dalam mendukung transisi energi Indonesia.

Prospek Masa Depan: Menuju Masa Depan yang Lebih Hijau

Sebagai salah satu negara dengan potensi besar dalam transformasi energi, Indonesia memiliki peluang untuk menjadi pemimpin dalam aksi iklim global. 

Kategori :