Baznas OKU Gulirkan Program ZChicken

Minggu 08-09-2024,21:55 WIB
Reporter : Eco
Editor : Diansyah

BATURAJA, PALPOS.ID - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggulirkan Program ZChicken untuk pemberdayaan masyarakat dalam bidang usaha kuliner ayam goreng.

Ketua Baznas OKU, Darman Syafei, Minggu 8 September 2024 mengatakan bahwa ZChicken merupakan salah satu dari banyaknya program Baznas yang digulirkan untuk membantu proses transformasi mustahik menjadi muzaki. "Program ZChicken sebagai sarana pemberdayaan ekonomi mustahik di bidang kuliner," kata dia.

Dia mengatakan, program ini menjadi komitmen Baznas OKU dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat di wilayah itu.

"Program ini juga menjadi pertanggungjawaban BAZNAS dalam mengelola dana yang disalurkan muzaki agar dapat tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya langsung oleh mustahik," katanya.

BACA JUGA:Baznas OKU Minta ASN Taat Bayar Infak dan Sedekah

BACA JUGA:Baznas OKU Salurkan Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni

Dalam program ZChicken, kata dia, para mustahik dibantu modal usaha dalam bentuk peralatan dan bahan baku untuk usaha ayam goreng.

"Tahun ini ada sebanyak 35 orang pelaku usaha yang kami usulkan menerima bantuan program tersebut," jelasnya.

Setelah pemberian bantuan tersebut, lanjut dia, para mustahik ini pun akan diberikan pelatihan tentang cara pengolahan ayam goreng, bahkan mereka dibimbing sampai usaha yang dijalani berkembang dan mandiri.

"Data calon penerima bantuan untuk Kabupaten OKU sudah diverifikasi oleh pemerintah pusat. Target kami dalam waktu dekat program ini sudah terealisasi," tegasnya. 

Kategori :