Jasad Korban Tenggelam di Sungai Ogan Akhirnya Ditemukan

Senin 28-10-2024,21:17 WIB
Reporter : Eco
Editor : Diansyah

BATURAJA, PALPOS.ID - Jasad Adenan (56) warga RT 16 Kelurahan Saung Naga Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten OKU yang tenggelam saat mandi di Sungai Ogan pada Minggu (27/10) pukul 13.40 WIB, akhirnya ditemukan pada pukul 22.40 WIB.

Korban dilaporkan hanyut tenggelam ketika mandi di Sungai Ogan Kelurahan Baturaja Lama Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering.

Menurut informasi, kejadian bermula sekitar pukul 13.40 WIB korban yang memiliki riwayat penyakit epilepsi mandi di Sungai Ogan. Namun ketika sedang mandi tiba-tiba korban hanyut terbawa arus.

Warga yang melihat korban hanyut terbawa arus mencoba memberikan pertolongan namun dikarenakan derasnya arus menyebabkan korban seketika tenggelam.

Kantor SAR Palembang selaku Koordinator dalam pelaksanaan Operasi SAR membagi Tim SAR Gabungan menjadi dua Search And Rescue Unit (SRU).

SRU 1 melakukan pencarian dengan cara penyisiran permukaan air dan circle menggunakan perahu karet, sedangkan SRU 2 melakukan pencarian jalur darat serta penyebaran informasi kepada masyarakat yang berada disepanjang pesisir sungai selabung jelas Raymond Konstantin, S.E selaku Kepala Kantor SAR Palembang.

BACA JUGA:BPBD OKU Lakukan Pencarian Korban Tenggelam di Sungai Ogan

BACA JUGA:Korban Tenggelam Ditemukan Oleh Pemancing 4 Kilometer dari Lokasi Kejadian

Dengan berbagai upaya yang telah kita lakukan, akhirnya sekitar pukul 22.40 WIB korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sekitar radius 30 M dari lokasi awal kejadian.

Selanjutnya timsar gabungan, melakukan evakuasi jenazah korban dibawa ke rumah duka guna dilakukan proses pemakaman.

Dengan ditemukannya korban maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup, semua unsur SAR yang terlibat dalam proses pencarian dikembalikan kesatuannya.

Selama berlangsungnya Operasi SAR turut juga melibatkan Unsur SAR dari Kantor SAR Palembang Unit Siaga SAR OKU Timur, TNI/Polri, BPBD OKU, SAR MTA dan Masyarakat serta pihak keluarga korban.

Kepala Unit Basarnas OKU Raya, Rescue Angga Nova saat dikonfirmasi membenarkan adanya korban yang tenggelam sudah ditemukan. 
"Ditemukan semalam oleh penyelam tradisional," ujarnya, Senin (28/10).

Kondisi korban ditemukan tersangkut di bagian lubuk berjarak sekitar 20 meter dari lokasi tenggelam. Korban diketahui bekerja sebagai tukang parkir di Hotel Kencana Baturaja.

Adik ipar berinisial Nr mengatakan kalau kakak iparnya itu ada riwayat sakit ayan. "Sudah dilarang keluarga tapi masih nak mandi di Sungai Ogan. Kadang mancing dan biasa ditemani," ujarnya. 

Kategori :