PALPOS.ID - XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui Sisternet kembali menggelar Kompetisi Modal Pintar (KMP) 2024, yang ditujukan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perempuan di Indonesia.
Tahun ini, KMP menjalin kemitraan strategis dengan Pendopo, sebuah merek bisnis dari Kawan Lama Group yang berfokus pada pelestarian budaya Indonesia dan mendukung lebih dari 250 UMKM lokal.
Sebanyak 20 finalis UMKM perempuan dari seluruh Indonesia bersaing untuk merebut hadiah total modal usaha sebesar Rp 115 juta.
Dari 1.700 pendaftar, Juara 1 diraih oleh Intan Rahmaningtyas (Lestari Jamuku, F&B, Jakarta), Juara 2 Eva Sari Tampubolon (Pagilol, Aksesoris, Denpasar), Juara 3 Fauzia Puspa Lestari (Gulali Books, Edukasi, Bandung), dan Juara 4 Asmita (Hijasmita, Fashion, Jakarta).
BACA JUGA:XL Axiata Siapkan Jaringan Terbaik untuk Lancarkan Pilkada 2024 di seluruh Indonesia
BACA JUGA: XL Axiata Terapkan Solusi IoT Budidaya Maggot di Pesantren Lampung
Penjurian KMP 2024 dilaksanakan di Pendopo Living World Alam Sutera, Tangerang, pada Kamis, 28 November 2024, dengan dihadiri sejumlah tokoh perempuan Indonesia, termasuk Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Arifatul Choiri Fauzi, dan President Director & CEO XL Axiata, Dian Siswarini.
Menteri Arifatul Choiri Fauzi menekankan pentingnya kewirausahaan perempuan sebagai pijakan utama untuk membangun ekonomi inklusif dan berkelanjutan.
“Perempuan telah menjadi tulang punggung UMKM, dan kolaborasi antara pemerintah, swasta, serta masyarakat sangat penting untuk menciptakan akses yang lebih baik terhadap modal dan sumber daya,” ujarnya.
Sejak diluncurkan pada 2021, KMP telah mendukung lebih dari 4.000 UMKM perempuan, dengan peningkatan profit hingga 13% dan adopsi digital sebesar 75%.
BACA JUGA: Dua Satyalancana Wira Karya: XL Axiata Dorong Transformasi Digital untuk Indonesia yang Lebih Maju
Dian Siswarini menyatakan, KMP 2024 tidak hanya sebagai ajang kompetisi tetapi juga membuka peluang untuk memperluas jaringan dan wawasan bisnis para finalis.
Selain itu, Pendopo juga memberikan pelatihan terkait standar produk ritel, kemasan, branding, dan manajemen bisnis bagi para peserta, serta membuka peluang untuk menjadi tenant di gerai Pendopo.
Direktur Pendopo, Tasya Widya Krisnadi, menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi kerja sama dengan Sisternet dan percaya bahwa UMKM adalah pilar penting perekonomian Indonesia serta sarana pemberdayaan perempuan.