Wamenperin Faisol Riza Dorong Marketplace Prioritaskan Produk Lokal

Rabu 22-01-2025,16:46 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Yen_har

Marketplace juga diharapkan aktif memberikan pendampingan kepada pelaku IKM dalam hal strategi pemasaran dan branding. Dengan pendampingan ini, produk lokal dapat bersaing dari segi kualitas dan harga di pasar digital.

BACA JUGA:Banyak Yang Kadaluarsa, Managemen Farmer Mart Diminta Perhatikan Produk Lokal

BACA JUGA:Polytam: Produk Unggulan Kilang Pertamina Plaju yang Berkualitas Tinggi dan Ramah Lingkungan

Kampanye Khusus Produk Lokal

Mengadakan kampanye khusus yang menonjolkan keunggulan produk dalam negeri. Event seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dapat dijadikan momentum untuk memprioritaskan produk lokal.

Kemitraan dengan Pemerintah

Faisol mengusulkan adanya nota kesepahaman (MoU) antara Kementerian Perindustrian dan platform marketplace untuk memperkuat sinergi dalam mendukung produk lokal.

Peran marketplace dalam perdagangan digital sangat strategis. 

Berdasarkan laporan e-CONOMY SEA 2024, Indonesia mencatatkan Gross Merchandise Value (GMV) sebesar US$90 miliar atau sekitar Rp1.420 triliun pada 2024, dengan US$65 miliar di antaranya berasal dari transaksi di marketplace. 

BACA JUGA:Pemkab OKI Rencanakan Produk Beras Kajang Menjadi Ikon Pengendalian Inflasi

BACA JUGA:Australia Tarik Produk Indomie dari Peredaran: Tidak Cantumkan Alergen dalam Varian Mie

Angka ini diperkirakan akan terus bertumbuh hingga mencapai US$200-360 miliar pada 2030.

“Marketplace harus menjadi etalase utama produk unggulan dalam negeri. Ini bukan hanya soal nasionalisme, tetapi juga membangun ekosistem industri yang berkelanjutan dan berdaya saing global,” jelas Faisol.

Faisol Riza juga menyoroti beberapa tantangan yang dihadapi produk lokal di marketplace, seperti kurangnya branding yang menarik, harga yang belum kompetitif, dan keterbatasan jaringan distribusi. 

Namun, ia optimis bahwa dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah dan marketplace, produk lokal dapat menguasai pasar domestik hingga internasional.

BACA JUGA:BRI Bantu Mitra Pedagang Jual Produk Secara Online

BACA JUGA:Layanan Diakui Nasabah Produk BRi Beragam

"Marketplace adalah garda depan dalam memperluas jangkauan produk lokal ke konsumen, baik domestik maupun global. Dengan kolaborasi yang solid, saya yakin kita bisa meningkatkan daya saing produk Indonesia," kata Faisol.

Kategori :