PALPOS.ID - Di dunia otomotif Indonesia, beberapa model mobil memiliki tempat spesial di hati masyarakat. Salah satu kendaraan yang tak lekang oleh waktu adalah Toyota Kijang Kapsul.
Mobil ini bukan sekadar alat transportasi, tetapi juga bagian dari sejarah panjang industri otomotif nasional.
Saat ini, harga Kijang Kapsul di pasar mobil bekas sudah sangat terjangkau, bahkan bisa didapatkan hanya dengan puluhan juta rupiah.
Namun, nilai historis dan daya tariknya tetap tinggi, menjadikannya salah satu pilihan menarik bagi pecinta mobil klasik maupun mereka yang ingin bernostalgia.
BACA JUGA:Dari Konsep Mercedes ke Supercar Eksklusif: Kisah Isdera Imperator 108i.
BACA JUGA:Ford Capri 2025: Perpaduan Gaya Retro dan Teknologi Masa Depan.
Perjalanan Sejarah Kijang Kapsul
Toyota Kijang pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1977 sebagai kendaraan serbaguna yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia.
Seiring waktu, model ini mengalami berbagai inovasi dan pembaruan, hingga akhirnya melahirkan generasi keempat yang dikenal sebagai Kijang Kapsul.
Kijang Kapsul diperkenalkan pada tahun 1997 dan bertahan hingga 2004 sebelum akhirnya digantikan oleh Kijang Innova.
BACA JUGA:BMW M3 GTR Strassenversion: Legenda Langka dengan Jiwa Balap Sejati.
BACA JUGA:BMW M3 GTR: Dari Arena Balap ke Dunia Nyata dan Legenda di Need for Speed.
Model ini merupakan peralihan antara generasi Kijang ‘kuno’ dengan yang lebih modern, menjadi bagian dari proyek Toyota Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) yang berfokus pada kendaraan multi-guna dengan pasar internasional.
Berbeda dari pendahulunya yang masih mengusung desain lebih sederhana, Kijang Kapsul tampil lebih aerodinamis dengan bentuk bodi yang membulat menyerupai kapsul.
Inilah yang membuatnya dikenal dengan nama tersebut.