PALPOS.ID - Dalam dunia otomotif, ada beberapa nama yang langsung menggetarkan hati para penggemar mobil sport kompak.
Salah satu di antaranya adalah Honda Civic Type R, dan kisah luar biasa itu dimulai dari tahun 1997, ketika Honda pertama kali memperkenalkan Civic Type R (EK9) ke publik Jepang.
Mobil ini bukan hanya sekadar varian kencang dari Civic biasa, tetapi merupakan representasi dari DNA motorsport Honda yang dikemas dalam bentuk hatchback ringkas.
Mari kita selami lebih dalam bagaimana Civic Type R generasi pertama ini menjadi ikon dan legenda yang tak lekang oleh waktu.
BACA JUGA:Kondisi Jalan Rusak Parah, Warga Keluhkan Akses Lubuklinggau–Palembang di Wilayah Musi Rawas
BACA JUGA:Trio SUV Gagah Tahun 90an yang Masih Diburu Pecinta Off-road
Awal Mula Kelahiran Civic Type R Bukan Sekadar Civic
Pada dasarnya, Civic Type R EK9 adalah Civic generasi keenam yang telah melalui serangkaian modifikasi serius langsung dari Honda Racing.
Tujuannya jelas—menawarkan performa maksimal dalam balutan sasis ringan dan aerodinamis.
Model ini eksklusif untuk pasar Jepang dan lahir sebagai penerus semangat NSX Type R dan Integra Type R, dua model Type R sebelumnya yang sangat dihargai di kalangan pecinta performa tinggi.
BACA JUGA:Toyota Kijang Kapsul, Mobil Diesel Murah yang Masih Jadi Primadona Keluarga
BACA JUGA:Bukan Cuma Gaya, Jaecoo J7 Punya DNA Jaguar Land Rover di Baliknya.
Civic Type R (EK9) diperkenalkan sebagai mobil yang menggabungkan teknologi balap Honda ke dalam kendaraan jalan raya, dengan pendekatan yang fokus pada pengendalian presisi, power-to-weight ratio yang optimal, dan feedback mengemudi yang tajam.
Mesin B16B sebuah Mahakarya 1.6 Liter yang Melegenda
Yang paling membedakan Civic Type R 1997 dari varian lainnya adalah dapur pacunya.