EK9 dibekali dengan mesin B16B 1.6 liter DOHC VTEC yang mampu menghasilkan 185 PS (182 hp) pada 8.200 rpm dan torsi 160 Nm pada 7.500 rpm.
BACA JUGA:Tantang SUV Premium, Hyundai Palisade Hybrid Tampil Gagah dengan Mesin 334 PS.
BACA JUGA:Chery C5 2025 Meluncur Global, Siap Tantang HR-V dan Yaris Cross!
Ini adalah salah satu mesin NA (naturally aspirated) 1.6 liter paling bertenaga di dunia saat itu.
Mesin ini menggunakan teknologi VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) yang terkenal dari Honda.
Apa yang membuat B16B begitu spesial bukan hanya soal angka tenaganya, tapi bagaimana karakter putaran atasnya begitu hidup dan menggoda.
Redline yang mencapai 8.400 rpm menjadikannya mesin yang suka “berteriak”, dan ini adalah sensasi tersendiri bagi para pecinta performa.
Rasio Power-to-Weight yang Memukau
Dengan bobot hanya sekitar 1.090 kg, Civic Type R 1997 mencatat rasio tenaga terhadap bobot yang sangat impresif.
Kombinasi mesin B16B dan transmisi manual close-ratio 5-speed memungkinkan akselerasi yang sangat responsif, membuatnya terasa jauh lebih bertenaga daripada spesifikasi di atas kertas.
Handling menjadi keunggulan utama mobil ini.
EK9 menggunakan limited-slip differential (LSD) standar yang membuat traksi tetap maksimal di tikungan, serta suspensi sport yang lebih kaku dibandingkan varian Civic biasa.
Steering rack juga diatur agar lebih cepat dan tajam, memberikan feedback luar biasa ke pengemudi.
Disain Minimalis Tapi Fungsional
Secara desain, Civic Type R EK9 memang tidak terlalu mencolok.
Namun justru di situlah daya tariknya.