MUARA ENIM - Berbagai keluhan masyarakat disampaikan langsung kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, salah satunya mengenai mental pegawai di sektor-sektor pelayanan publik.
Pasalnya, masih didapati para pegawai-pegawai yang bermuka masam dan tanpa senyuman dalam menyambut masyarakat yang menginginkan pelayanan ramah.
Hal ini menjadi perhatian Bupati Muara Enim H Edison, untuk memperbaiki mental pegawai terutama di sektor pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.
"Saya sudah berkeliling kepada OPD-OPD khususnya yang melayani masyarakat agar sambut, sapa, senyum, layani, itulah rumusnya.
BACA JUGA:Tertib Berlalu Lintas Bukan Karena Razia Tapi Kesadaran
BACA JUGA:Manfaatkan Lahan Pekarangan, Ciptakan Nilai Jual Tinggi
Oleh karena itu saya tegaskan akan perbaiki mental pegawai di sektor pelayanan publik," ujar Edison, Minggu 20 Juli 2025.
Orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang itu mengatakan, kenyamanan masyarakat bisa terwujud ketika ingin berurusan disambut dan ditempatkan dengan baik.
"Ke depan, kita akan berikan pelatihan khusus untuk melatih dan mendidik mental pegawai yang tadinya cuek terhadap masyarakat agar bisa berubah," katanya.
Edison menegaskan pentingnya pelayanan yang ramah, terutama untuk rumah sakit yang masih banyak menjadi keluhan masyarakat.
BACA JUGA:Tanjung Enim Membara, 7 Rumah Hangus Terbakar
BACA JUGA:H Edison Ditunjuk Sebagai Ketua Bidang ESDM Apkasi
"Para perawat yang ada agar memberikan layanan terbaik dan bersabar melayani masyarakat," tegasnya.
Demikian juga instansi atau OPD lain, sambung Edison, dirinya selalu mengimbau agar pegawai yang melayani masyarakat berperilaku ramah.
"Karena sesungguhnya pemerintah itu melayani masyarakat. Berikan solusi terhadap masalah yang dihadapi masyarakat," imbuhnya.
Oleh karena itu, dirinya sebagai kepala daerah memohon maaf apabila terjadi hal-hal yang kurang berkenan terhadap pelayanan.
BACA JUGA:Dorong Pemanfaatan Limbah FABA Menjadi Barang Bernilai Ekonomis
BACA JUGA:Anjal Penusuk Supir Truk Dibekuk
"Ini masukan yang sangat baik, kami akan tetap berusaha memperbaiki ini," ucapnya.
Bahkan, Edison memastikan akan mengevaluasi pegawai-pegawai yang melayani masyarakat, terutama mengenai kepribadian dan attitudenya.
"Kita ingin pegawai benar-benar komunikatif memberikan solusi kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan," pungkasnya.(ozi)