Pusri Raih Penghargaan pada Ajang Inovasi K3

Pusri Raih Penghargaan pada Ajang Inovasi K3

BANDUNG, PALPOS.ID - PT Pupuk Sriwidjaja Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero). Dengan visi menjadi Perusahaan Agroindustri Unggul di Asia, telah mengukir prestasi yang membanggakan.

Pusri berhasil meraih 3 penghargaan pada Ajang Inovasi K3 Indonesian Conference & Competition Occupational Safety and Health (ICC-OSH) 2022. Yang diterima oleh insan pusri yang berprestasi diantaranya PKM Safety First dengan predikat 4 bintang, PKM Waterfog dengan predikat 4 bintang, dan GKM Antivirus dengan predikat 3 bintang pada Rabu (23/6).

Acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Prima Karya dengan PJK3 PT Wahana Kendali Mutu serta didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI merupakan acara yang mendemonstrasikan keunggulan dalam penerapan sistem manajemen K3 di Perusahan BUMN dan Swasta.

Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka mendukung Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2022. Adapun tema yang diangkat pada tahun ini yaitu “Penerapan Budaya K3 pada setiap kegiatan usaha guna mendukung perlindungan tenaga kerja di era digitalisasi dan perubahan iklim (Climate Chance)”.

Pada kategori PKM Safety First, PT Pusri Palembang menerapkan konsep pada alat Shoes detector. Shoes detector melalui pemanfaatan teknologi dalam aktivitas produksi maupun K3 mempunyai kegunaan agar dapat membantu meminimalisir sepatu-sepatu yang tidak layak guna di area pabrik.

GKM Antivirus mengusung inovasi untuk meningkatkan kehandalan alat Water Spray di Relief Valve 105-J dalam mengurangi potensi bahaya keselamatan, kesehatan dan lingkungan kerja dari paparan popping ammonia. Sedangkan inovasi yang dilakukan PKM Waterfog adalah untuk mengatasi masalah gagalnya pompa FOG untuk men-supply spray water ke top storage ammonia ketika terjadi pressure popping dengan cara membuat atau memasang orifice pada flange up stream block valve minimum flow.

Dalam Lomba ICC-OSH 2022 Pusri mengirimkan 3 tim inovasi yang telah disaring melalui tim inovasi unggul yang masuk top 21 PIEA 2021 yang terdiri dari: 1, Tim PKM Safety First, yang beranggotakan Endrah Gunawan (Dept. K3), Sri Arinda (Dept. K3), Fajar Wiyono (Dept. K3)  dan Cuk Risantoro (Dept.Instrumen).

Lalu Tim GKM Antivirus, yang beranggotakan Aldilla (Dept. K3), Abdul Rasyid (Dept. K3), Mgs. Abdurrahman P.P. (Dept. K3), Reza Ferdian  D. (Dept.K3) dan Redo Oktavian (Dept.K3). Selanjutnya Tim PKM Waterfog, yang beranggotakan Johan Setiawan (Dept.Operasi PIII), Sentot Pratikno (Dept.Operasi PIII), Harry Margatama (Dept.Rendal Produksi), Ahmad Mukhroji W, (Dept. Inspeksi Teknik), Andri Wibawa S. (Dept.K3), Insyiroh Mufarricha (Dept.Sisman & Inovasi) dan Karina Cahya V. (Dept.Sisman & Inovasi).

Disampaikan Vice President Humas Pusri, Soerjo Hartono, bahwa dengan penghargaan yang diterima Pusri dari Yayasan Prima Karya dengan PJK3 PT Wahana Kendali Mutu ini diharapkan Pusri dapat terus mengoptimalkan kinerja K3 dan lingkungan sebagai sarana kepatuhan perusahaan, mengevaluasi, dan mengembangkan aspek K3 yang sejalan dengan tantangan saat ini serta dapat membawa K3 perusahaan semakin terdepan dan unggul dari korporasi lain.

Peningkatan kinerja K3 yang berkelanjutan merupakan komitmen utama Pusri untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman.“Seluruh insan Pusri pun diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam meningkatkan budaya K3 dalam aktivitas sehari-hari dan mengurangi potensi risiko lingkungan kerja terhadap kondisi tidak aman, atau berpotensi nyaris celaka,” tutup Soerjo. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas pt pusri